Kerajinan Bambu Di Buleleng, Bali

0 317

Kerajinan Bambu Di Buleleng, Bali

Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa tradisional atau Baliaga ini terkenal sebagai salah satu pusat kerajinan anyaman bambu di Kabupaten Buleleng. Terletak sekitar 19 kilometer sebelah barat Kota Singaraja atau 97 kilometer sebelah utara Kota Denpasar, desa berpenduduk 4.608 jiwa ini banyak ditumbuhi bambu yang ditanam di pekarangan rumah, di tegalan, tepian sungai dan lahan marginal. Desa ini memiliki 19 jenis bambu yang telah menyatu dengan kehidupan budaya masyarakatnya sejak berabad-abad lalu. Bambu-bambu ini setidaknya menghasilkan 54 jenis kerajinan.

Beberapa produk kerajinan yang terkenal dari Desa Tigawasa antara lain berupa besek (sokasi), gedeg (dinding bambu), aksesoris, tambang, perlengkapan rumah tangga, bahan bangunan, perlengkapan upacara adat, hingga bahan pembuat makanan seperti rebung.

Salah seorang warga desa ini, Ni Luh Librayanti sejak 14 tahun lalu aktif mengelola usaha kerajinan ini. Usaha keluarga yang dinamainya Yanthi Artshop, memproduksi berbagai macam anyaman seperti sokasi, tas, kap lampu, tempat sampah, tempat tisu, alas piring makan, bingkai, hiasan rumah, dan lain-lain. Lokasi usahanya sekitar 19 kilometer dari kantor ULaMM di Banjar Dinas Dauh Pura, Desa Tigawasa.

Sehari-hari Ni Luh dibantu suaminya, I Made Sadnyana dan 55 pekerja harian. Mereka bekerja sesuai dengan pesanan yang harus dipenuhi tepat waktu. Mayoritas penduduk Desa Tigawasa terampil membuat kerajinan anyaman bambu. Karenanya tidak sulit bagi Ni Luh untuk menambah tenaga kerja jika ada pesanan mendadak atau dalam skala besar.

Produk anyaman bambu Tigawasa sudah terkenal hingga ke beberapa kota di Pulau Jawa. Selama ini Ni Luh sudah memiliki pelanggan tetap terutama dari Buleleng, Singaraja dan wilayah lain di Bali, serta dari Yogyakarta. Produknya sudah memenuhi toko-toko di daerah wisata Ubud, Kabupaten Gianyar. Pangsa pasarnya menyasar masyarakat kelas menengah dan para turis manca negara.

Source Kerajinan Bambu Di Buleleng, Bali Kerajinan Bambu Di Buleleng, Bali
Comments
Loading...