Lukisan Kaca Khas Cirebon

0 371
Lukisan Kaca merupakan salah satu karya seni khas cirebon yang tidak terdapatdi daerah lain. Lukisan ini berbeda dengan lukisan pada umumnya yang menggunakan media kanvas untuk melukis, akan tetapi lukisan ini menggunakan kaca sebagai media untuk melukis.

Dian Mulyadi pria 30 tahun ini baru 11 tahun lalu terpikat melukis di kaca setelah mengikuti pameran. Dari pameran ini pula, ia menuai banyak pesanan. Kini, saban bulan Dian mampu menggarap puluhan lukisan kaca dengan omzet lebih Rp 30 juta.

Lukisan kaca memang memiliki ciri khas yang unik. Selain penggunaan kaca sebagai media lukisan, proses pengerjaan lukisan ini menerapkan metode melukis terbalik karena yang dilukis adalah bagian belakang kaca.

Namun, bagi Dian Mulyadi, media kaca maupun cara melukis terbalik itu tak menghambat kreativitasnya. Tangan-tangannya sudah lihai dan terampil menuangkan aneka ide pada selembar kaca. Bakat melukis memang sudah tertanam pada diri Dian sejak lama. Pria asli Cirebon ini juga telah mengenal lukisan kaca yang menjadi budaya di daerah sekitar tempat tinggalnya tepatnya di Jl. Gunung Salak D XXI No. 143 Perumas Kota Cirebon.

Setiap lukisan kaca buah tangan Dian juga mengandung unsur batik khas Cirebon dengan dominasi pemakaian ornamen mega mendung dan wadasan. Mega mendung berarti langit dijunjung dan wadasan bermakna bumi atau tanah yang dipijak. Inilah perbedaan mendasar seni lukis kaca Cirebon dengan daerah lain. 

Di sanggarnya, Dian memang harus terus meningkatkan produksi lukisannya. Maklum, kini pesanan terus mengalir. Selama seminggu, ia harus memenuhi pesanan sebanyak 60 sampai 80 lukisan kaca. Tak heran, Dian pun bisa mengantongi omzet penjualan lukisan kaca ini Rp 30 juta per bulan. Ia mematok harga sebuah lukisan kaca yang dibuatnya secara massal berkisar Rp 15.000 sampai dengan Rp 350.000. Adapun untuk lukisan kaca yang dipesan eksklusif, Dian mematok harga hingga Rp 80 juta per buah. Mahal tidaknya lukisan itu, tentu tergantung tingkat kerumitan dan ukurannya.

Source Lukisan Kaca Khas Cirebon Lukisan kaca Dian banyak dipesan setelah ikut pameran
Comments
Loading...