6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling OtentikPara seniman asli Indonesia tentu sangat beruntung bisa menjadi bagian penting di dalamnya. Sebab apa Mereka pun bisa mendapatkan keuntungan dan limpahan paling berpotensi untuk memakmurkan masa depan. Diketahui bahwa keanekaragaman flora dan fauna di wilayah tersebut berhasil menggugah para seniman untuk membuat karya seni paling otentik dan bersejarah.

Faktanya mereka mampu mengembangkan dan menghasilkan kerajinan tangan yang notabenenya tidak dapat dijiplak secara langsung. Lantas seperti apa hasil karya tersebut Berikut contohnya lengkapnya!

1. Anyaman Pandan – Natuna
Salah satu kerajinan tangan yang paling otentik yaitu Anyaman Pandan yang berasal dari Kota Natuna, Kepulauan Riau. Bisa dibilang bahwa kerajinan tersebut sangat menarik, sederhana dan unik. Sisi menariknya barang tersebut sangat mudah didapatkan lantaran berasal dari tumbuhan pandan di wilayah sekitar. Jadi selain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan, sisa benda tak berguna itu langsung dimanfaatkan untuk karya seni.

Para warga sekitar utamanya barisan seniman pun tergugah untuk menjiwai barang tersebut hingga menjadikan benda paling berharga. Hingga pada suatu masa mereka pun merajut barang bekas tersebut menjadi kerajinan paling otentik mulai dari bakul nasi, keranjang, dompet, sabut dan lain sebagainya. Hal yang menarik dari anyaman tersebut yaitu pewarnaan alami. Selebihnya masing – masing barang tersebut memiliki filosofi tentang kehidupan sehari – hari.

2. Getah Nyatu – Kalimantan
Terkenal dengan kekayaan hayati telah membuat warga Kalimantan utamanya daerah Pangkalan Bundesliga, Kecamatan Bukit Tangkiling menghadirkan kerajinan yang cukup otentik dan original. Sisi menariknya yaitu benda yang mereka sulap menjadi karya seni berasal dari getah pohon nyatu. Kepopuleran kerajinan tersebut bermula sejak tahun 1980-an. Dimana para pendahulu selalu mengumpulkan getah tersebut untuk keperluan sehari – hari.

Sampai pada suatu masa mereka memiliki ide dan mengembangkannya untuk dijadikan rajutan berkualitas dan bermutu tinggi. Jika dilihat proses pembuatannya, hal tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun hasilnya tidak dapat dielak lagi bahwa hal tersebut merupakan karya paling mengesankan. Karena selain dibuat anyaman karet, mereka pun menyulapnya menjadi kapal, boneka, mainan anak dan masih banyak lagi.

3. Kipas Kayu Cendana – Bali
Tak ada yang berani menyangkal bahwa Pula Bali merupakan wilayah yang bertabur para seniman, salah satunya yaitu seni kriya. Produk yang memiliki arti seni paling legendaris yaitu kipas kayu cendana. Diketahui bahwa benda tersebut selalu digunakan untuk keperluan seni tari berupa tari modern Kebyar Trunayaja, Lengong Keraton dan lain sebagainya. Hal yang menjadikan istimewa yaitu memberikan aroma harum yang tak pudar pada saat dikibaskan ke seluruh panggung.

Tak hanya mengusir rasa gerah, namun kipas tersebut merupakan cenderamata yang dianggap sebagai salah satu karya terbaik yang pernah ada. Hingga saat ini pun tidak semua wilayah mampu mendapatkan dan menciptakan benda tersebut. Karena hal yang membatasinya adalah daerah asal dan bahan dasar yang tidak mudah didapatkan serta proses pengerjaan yang ditangani langsung oleh para ahli.

4. Noken – Papua
Sejak bertahun – tahun lamanya noken telah menjadi warisan budaya dunia yang berasal dari Papua. Kerajinan tangan yang satu ini terbilang sangat sederhana tapi memberikan sentuhan yang paling mewah terhadap para pengguna. Itu karena kerajinan tersebut terbuat dari benang warna – warni, batang anggrek, daun hingga serat kayu yang berserakan. Sehingga para seniman merajut keseluruhan bahan tersebut menjadi tas bernuansa unik dan berkarakter khusus.

Menariknya noken tak hanya digunakan untuk bergaya dalam kehidupan sehari – hari. Akan tetapi tas tersebut bisa mengangkat beban lebih dari 10 kg walau berukuran kecil dan ringan. Kesuksesan benda tersebut terjadi pada tahun 2012, dimana UNESCO telah menjadikan noken sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia yang mendunia. Dan faktanya tas tersebut sangat laku di pasaran dengan harga murah hingga mahal tergantung dari segi pembuatan dan ukiran.

6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

 

5. Songket – Palembang
Berpakaian dengan cara modern dan umum boleh jadi hal yang cukup populer di tahun ini. Akan tetapi songket asal Palembang ini memiliki ciri khas yang berbeda dari pada produk berkualitas lainnya. Itu karena benda tersebut mampu memberikan kesan paling indah dan mewah bagi siapa pun yang menggunakannya. Di balik semua itu, seluruh desain dan detail produk tersebut bercorak rumit, sehingga mampu menghasilkan keindahan yang seutuhnya dalam semua acara.

Berdasarkan sejarah, awal mula songket hadir sejak era Kerajaan Sriwijaya di Palembang sekitar abad ke-8. Beberapa nenek moyang terdahulu tengah memproduksi kain tak layak pakai untuk memberikan sentuhan magis untuk melengkapi isi pakaian. Beberapa tahun kemudian pun para seniman mengembangkan usaha tersebut hingga menghadirkan selendang sutera, kopiah, hijab dan lain – lain untuk menghiasi acara resmi dan non formal.

6. Wayang Kulit – Yogyakarta
Dan salah satu kerajinan tangan paling otentik di Indonesia yaitu Wayang Kulit. Banyak anggapan bahwa wayang berasal dari luar Jawa, namun tidak semua anggapan itu benar. Sebab wayang kulit pertama kali muncul di Yogyakarta, Jawa Tengah sejak 840M. Barisan para leluhur pun telah merajut dan membuatnya dari kulit kerbau pilihan. Menariknya produk sangat awet karena tidak gampang patah dan sangat kuat.

Bicara tentang proses pembuatannya, satu wayang kulit akan menguras para seniman untuk menghabiskan 1 hingga 4 bulan bahkan lebih dari itu. Sebab semua detail produk telah disesuaikan dengan ukuran, minat pasar, desain, warna dan kenyamanan untuk menghasilkan kepuasan terhadap para penggemar.

rajinindo

Related Posts

3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Comments Off on 3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

Comments Off on 7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Comments Off on 5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

Comments Off on 6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Comments Off on 10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Comments Off on Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Ulasan Game Slot Funk Master

Comments Off on Ulasan Game Slot Funk Master

Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Comments Off on Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Comments Off on Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

Comments Off on Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Comments Off on Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Comments Off on 7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Create Account



Log In Your Account