6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Oleh karena itu tidak heran jika banyak penduduk bermata pencarian sebagai pengrajin kayu. Bahkan ada beberapa souvenir dari kayu yang dibuat penduduk setempat memiliki nilai seni tinggi sehingga menjadi incaran para turis. Lantas apa saja souvenir yang dimaksud itu?.

Daftar Souvenir Dari Kayu Yang Menjadi Incaran Para Turis

Selain untuk mengunjungi destinasi wisata yang menarik di tanah air. Tidak sedikit alasan turis mendatangi Indonesia hanya untuk membeli souvenir yang telah dibuat oleh penduduk setempat. Pasalnya ada beberapa kerajinan buatan anak bangsa yang di luar negeri memiliki nilai jual sangatlah tinggi. Adapun beberapa souvenir yang dimaksud seperti berikut.

1. Patung Kayu Dari Suku Asmat Papua

Salah satu oleh-oleh yang sering diburu turis ketika berkunjung ke tanah air yaitu patung kayu dari suku Asmat Papua. Di mana daerah itu sangat terkenal akan hasil ukiran kayu yang cantik. Sedangkan ciri khas dari kerajinan asal suku asmat ini yaitu memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Hal itu bisa terlihat dari jenis alat yang dipakai untuk memahatnya. Oleh karena itu tidak heran jika harganya sangatlah mahal. Untuk mendapatkan cenderamata itu Anda bisa membelinya di Jayapura tepatnya Jalan Ahmadi dengan harga yang beragam. Umumnya untuk patung berukuran sedang dibanderol dengan harga Rp100.000. Bagaimana apakah mulai tertarik untuk membelinya?.

2. Patung Badak Khas Banten

Selain patung kayu dari suku Asmat Papua, cinderamata khas ujung kulon ini juga menjadi incaran para turis ketika berkunjung di Indonesia. Sesuai dengan namanya kerajinan kayu ini memiliki bentuk berupa badak dengan satu cula. Tentunya model ini diambil dari hewan khas yang ada di daerah tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa cinderamata itu juga termasuk salah satu kerajinan buatan penduduk setempat. Di mana salah satu tempat yang banyak memproduksinya yaitu kampung Cinibung, Desa Kertajaya, Taman Nasional Ujung Kulon. Kerajinan kayu khas Ujung kulon ini dibuat dengan cukup beragam mulai dari gantungan kunci, patung yang memiliki fungsi untuk pajangan meja dan miniatur. Agar lebih menarik nantinya semua souvenir itu akan dicat menggunakan beragam macam warna mulai dari hijau hingga biru. Selain itu ada hal yang lebih keren dari cinderamata ini yakin dibuat dengan limbah kayu lamin sehingga para pengrajin tidak perlu lagi untuk menebang pohon di sekitar Taman Nasional Ujung kulon. Sedangkan untuk harganya dibandrol mulai dari 45.000 per buah hingga 65.000/buah.

3. Batik Kayu Krebet Dari Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain terkenal dengan batik tulisnya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki kerajinan berupa seni membatik di atas kayu yang akan dibuat menjadi sendal, hiasan dinding, hingga topeng. Di mana semua cinderamata itu sering menjadi buruan para turis ketika berkunjung ke Yogyakarta. Untuk yang penasaran bagaimana proses pembuatannya bisa langsung datang ke kabupaten Bantul tepatnya di desa Krebet atau sekitar 12 km Barat Daya dari kota Yogyakarta. Di tempat itu nantinya Anda juga bisa belajar untuk membuat patung batik. Namun bagi yang tidak memiliki waktu untuk membuatnya bisa membeli di toko oleh-oleh terdekat dan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 2000 – 300.000.

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

4. Pajangan Kayu Komodo Dari Nusa Tenggara Timur

Tidak hanya Banten, Nusa tenggara Timur juga memiliki cinderamata berupa patung hewan bentuk komodo. Apabila dilihat dari bentuk dan coraknya cinderamata ini terlihat sangat mirip dengan hewan aslinya. Hanya saja patung ini dicat dengan warna berbeda dari Komodo asli yaitu coklat. Meskipun hanya menggunakan satu warna namun tidak menurunkan nilai seni dan keindahan dari cenderamata tersebut. Bahkan sangat banyak turis yang membelinya ketika berhasil menapakkan kaki di pulau Komodo. Selain itu untuk mendapatkannya tidaklah sulit, Di mana Anda hanya perlu masuk ke dalam Taman Nasional Komodo dan akan menemukan cinderamata itu di depan pintu masuknya. Untuk masalah harga anda tidak perlu khawatir karena sangatlah murah yakin dibanderol dari Rp25.000/buah.

5. Topeng Kayu

Bukan hanya patung saja, terkadang tidak sedikit turis yang membeli topeng kayu untuk dijadikan buah tangan. Di Indonesia sendiri kerajinan topeng ini memiliki keterkaitan yang erat dengan seni peran dan pertunjukan. Misalnya gunakan sebagai properti untuk pertunjukan tari, wayang dan teater. Selain digunakan sebagai properti pertunjukan saat ini kerajinan kayu itu juga sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai alat untuk mendekorasi rumah. Hal itu tentunya dikarenakan keindahan dari cinderamata tersebut.

6. Perabotan Jati Khas Jepara

Kerajinan kayu buatan masyarakat Indonesia yang sering dicari para turis selanjutnya yaitu perabotan Jati dari Jepara. Di mana Jepara sudah terkenal sebagai daerah penghasil kerajinan kayu jati yang berkualitas. Adapun beberapa kerajinan yang berhasil dibuat seperti kursi, meja, lemari hingga tempat tidur bertingkat. Sedangkan ciri khas dari perabotan itu ialah dihiasi dengan ukiran yang indah. Oleh karena itu tidak heran jika produk ini sangat digemari oleh masyarakat luar negeri. Namun sayangnya perabotan jati khas Jepara ini dijual dengan harga yang sedikit mahal. Tentunya hal itu sebanding dengan kualitas pada produk tersebut.

Demikianlah daftar kerajinan kayu dari Indonesia yang sering dijadikan buah tangan oleh para turis ketika berhasil menapakkan kaki ke tanah air. Tentunya dengan banyaknya turis yang membeli cinderamata khas Indonesia bisa membuat perekonomian negara menjadi stabil.

rajinindo

Related Posts

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Comments Off on 7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Comments Off on Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Comments Off on Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

Comments Off on 6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

Comments Off on 7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Comments Off on Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Comments Off on 10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Ulasan Game Slot Funk Master

Comments Off on Ulasan Game Slot Funk Master

3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Comments Off on 3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Comments Off on Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

Comments Off on Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Comments Off on 5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Create Account



Log In Your Account