Kerajinan Jimbe Batok Kelapa Dari Blitar

0 248

Di Indonesia, ada satu daerah yang terkenal akan kerajinan perkusinya, tepatnya di kecamatan Kepanjen Kidul, kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berjarak sekitar kurang lebih 2 km dari makam presiden Indonesia yang pertama, Soekarno. Kerajinan di kota yang berjuluk Patria ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Namun belum diketahui pasti kapan tepatnya kerajinan perkusi ini lahir.

Ada 150 pengrajin yang tersebar di kecamatan tersebut, yakni di desa Tanggung, Santren, dan Ngadirejo. Salah satu perintis dari kerajinan ini yaitu Ulin, Jimbe berbagai jenis dan ukuran yang berbeda diproduksi oleh ulin, mulai ukuran paling kecil, 12 cm hingga paling besar 1 meter. Sedangkan jenisnya ada dua, yaitu jimbe polos tanpa lukisan dan jimbe yang dilukis menggunakan cat tembok.

Perkusi jenis jimbe yang dihasilkan oleh pengrajin di Kepanjen Kidul sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan sudah menembus pasar internasional, yaitu di Korea, Tiongkok, Jamaica, dan Jerman.

“Seminggu sekali kita kirim 1500 buah jimbe ke Negara Korea” ungkap Nursanti pedagang sekaligus pengrajin jimbe di desa Santren.

Jika anda sedang berada di kabupaten Blitar, khususnya pecinta alat musik perkusi, jangan lupa untuk mampir di daerah ini. Tak lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh khas Blitar yang satu ini.

Source Kerajinan Jimbe Batok Kelapa Dari Blitar Menengok Kerajinan Jimbe Blitar
Comments
Loading...