7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Comments Off on 7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia – Seluruh antero Nusantara Indonesia telah dipadati dengan lautan dan pegunungan. Namun hal itu telah merubah para penduduk untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan kekayaan alam yang tak kan pernah habis. Seperti yang dilakukan para seniman ternama, mereka pun saling beramai – ramai untuk menghasilkan anyaman dengan nilai paling istimewa.

 

Sampai pada akhirnya mereka pun berhasil merajut kerajinan tangan hingga dijadikan mata pencaharian utama. Kira – kira kerajinan apa yang sukses menjamah pasar dunia Dan berikut kami berikan detail ulasan lengkapnya, di antaranya;
1. Arca
Menolak lupa tentang masa – masa peninggalan sejarah merupakan hal paling penting bagi para penerus bangsa. Sebab Indonesia selalu memiliki cerita indah tentang kerajinan tangan yang nyaris tidak dapat tersaingi oleh negara lain. Salah satunya yaitu Arca. Diketahui bahwa benda tersebut masih kokoh dan berdiri tegak hingga detik ini. Kerajinan tersebut telah dirancang dan dibuat sejak beberapa abad dilam yang digunakan untuk persembahan para dewa. Sisi menariknya, proses pembuatan Arca berasal dari lava panas yang dibekukan hingga menjadi batu. Karya tersebut hanya ada di 3 wilayah Indonesia yaitu Bali, Yogyakarta dan Magelang. Walaupun keyakinan para warga seakan – akan punah, namun karya seni tersebut tetap menjadi kerajinan paling legendaris dan populer.

2. Batik
Sempat mengundang banyak konflik di era 2000-an, sebab banyak negara asing yang tengah mengklaim asal muasal kerajinan tangan seni batik. Akan tetapi masyarakat Jawa tidak rela jika peninggalan bersejarah itu berpindah tangan dari tempat asalnya. Selang beberapa tahun kemudian UNESCO meresmikan batik sebagai maha karya agung asli Indonesia yang berasal dari tanah Jawa. Secara harfiah, batik terdiri atas kata “mbat” yang berarti melempar dan “tik” berarti titik. Secara keseluruhan yaitu menghiasi banyak titik pada kain. Sejak era kerajaan, batik sering digunakan untuk pakaian utama para Raja. Dan menariknya lagi, hingga ini masing – masing wilayah Indonesia pun memiliki karakter dan ciri khas tersendiri untuk menciptakan motif dan desain batik dengan berbagai corak.

3. Gerabah
Kerajinan tangan yang ketiga yaitu gerabah, ini merupakan seni dan karya asal Pulutan, Minahasa, Sulawesi Utara. Kerajinan tersebut sering dijadikan sebagai penghias tanaman dan halaman rumah. Beberapa contohnya yaitu belanga, vas bunga, pot, tungku dan masih banyak lagi. Sementara bahan dasar yang digunakan adalah tanah liat yang dibakar pada suhu panas mencapai 1.000 derajat. Baiknya lagi hampir seluruh warga setempat pun beramai – ramai untuk mencetak gerabah dengan segala ukiran, desain dan ukuran yang berbeda – beda. Potensi penjualannya pun berhasil menjamah pasar ekspor – impor dengan harga yang bervariasi.

4. Kayu Jepara
Kota Jepara bisa dibilang sebagai wilayah penghasil kayu terbaik di Indonesia sejak abad ke-19. Itu karena ladang atau tanah yang dijadikan lahan tumbuhan kayu sangat panas dan cocok untuk menyuburkan segala macam kayu. Sejak beberapa tahun terakhir para seniman ternama harus rela berdatangan ke wilayah itu untuk menghasilkan kerajinan paling populer dan mendunia seperti halnya tempat tidur, lemari, kursi, meja dan lain sebagainya. Baiknya lagi, jenis kayu jati yang mereka ukir dan pasarkan bisa bertahan hingga lebih dari 30 tahun. Tak mengherankan jika warga asing menginginkan produk tersebut karena selain murah, juga tahan lama. Dan kini telah muncul kerajinan bercorak lain untuk melengkapi segala kebutuhan para pelanggan.

Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

5. Perak
Seakan – akan tidak mau ketinggalan kemegahan, Kota Sidoarjo pun juga mampu bersaing dalam memberikan hasil karya seni yang siap mengguncang dunia. Diketahui bahwa daerah tersebut merupakan penghasil perak terbesar yang bermulai dari Desa Kedungbendo, Siring, Ronokenongo, Krembung, Besuki dan Porong. Kerajinan perak yang mereka kembangkan juga sering keluar masuk pasar luar negeri mulai dari Amerika, Singapura, India, Belanda dan negara Eropa lainnya. Proses pembuatan seperti gelang, cincin, kalung dan perhiasan lainnya tidak sama seperti pengerjaan emas. Karena para seniman memerlukan banyak waktu dan bantuan alat – alat khusus untuk menghasilkan karya paling indah dan fenomenal.

6. Tenun Ulos
Salah satu kerajinan yang cukup membanggakan lagi adalah tenun ulos. Karya ini berasal dari Sumatera Utara yang didominasi oleh warga Batak. Ini merupakan kain yang bertema perak dan emas dengan sentuhan warna putih, hitam dan merah. Diketahui bahwa kain halus tersebut dirajut menggunakan tangan asli tanpa bantuan mesin jahit. Dalam proses pengerjaannya, satu kain memerlukan waktu lebih dari 1 pekan untuk menghasilkan karya terbaik. Bagi orang terdahulu, benda tersebut dikhususkan untuk para wanita yang tengah mengandung sebagai pemohon doa untuk mendapatkan kemudahan dan kelancaran saat proses persalinan. Di sisi lain, kain tersebut juga merupakan simbol keberuntungan dan pelindung janin dan ibu saat di kandungan.

7. Ukiran Kayu Asmat
Dan jenis karya yang sangat mendunia dan paling populer lainnya yakni ukiran kayu Suku Asmat asli Papua. Tak seperti Jepara, para warga sekitar sangat mencintai segala macam kayu untuk dijadikan ukiran paling bernuansa emas. Yang artinya menghasilkan keuntungan dan kepuasan pribadi. Bagi mereka, segala bentuk pahatan dan ukiran kayu tersebut merupakan lambang untuk memuja roh. Karena mereka menggabungkan karya tersebut menggunakan gigi ikan, taring babi, tiram dan fosil hewan lainnya. Di era modern, beberapa seniman tersebut mampu menciptakan anyaman paling berkarakter yang berhasil menembus pasar internasional dengan tarif hingga Miliaran Rupiah.

rajinindo

Related Posts

Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Comments Off on Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Ulasan Game Slot Funk Master

Comments Off on Ulasan Game Slot Funk Master

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

Comments Off on 6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Comments Off on Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Comments Off on 10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

Comments Off on 7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Comments Off on 5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Comments Off on Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

Comments Off on Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

Comments Off on Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Comments Off on 3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Comments Off on Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Create Account



Log In Your Account