7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara Di luar negeri Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keberagamannya mulai dari agama, suku, bahasa hingga kerajinan tangannya. Bahkan kabar baiknya sudah banyak kerjainan dari tanah air yang sampai ke mancanegara dan disukai para penduduknya. Lantas apa saja produk yang dimaksud itu adakah yang mengetahuinya?

7 Produk Kerajinan Masyarakat Indonesia Yang Telah Dikenal Di Mancanegara

Selain keberagamannya Indonesia juga terkenal memiliki penduduk yang cukup kreatif. Oleh karena itu tidak heran jika banyak sekali produk kerajinan yang telah berhasil dibuat oleh warganya dan mampu menembus pasar internasional. Adapun daftar produk yang sangat digemari oleh turis mancanegara seperti berikut ini.

1.Kain Batik

Salah satu kerajinan khas negara Indonesia yang sudah mendunia yaitu kain batik. Namun sayangnya kerajinan ini memiliki harga yang bisa dibilang agak mahal. Hal itu tentunya sebanding dengan proses pembuatannya yang memerlukan waktu lama. Bahkan bisa memakan waktu hingga 3 hari hanya untuk satu kain saja. Di mana cara untuk membuatnya yaitu dengan menggambar corak di kain berwarna putih menggunakan canting dan malam. Perlu untuk diketahui bahwa batik ini sudah ada sejak zaman Majapahit ketika agama Islam sedang disebarkan di pulau Jawa. Pada waktu itu hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan batik misalnya abdi dalem Keraton. Namun seiring berkembangnya zaman sekarang batik bisa dikenakan untuk acara formal misalnya pernikahan, rapat dan lain-lain. Bukan hanya itu saja wujudnya saat ini tidak lagi berupa baju saja melainkan bisa dibuat tas, tempat pensil dan dompet.

2.Kerajinan Dari Anyaman Bambu

Meskipun kelihatannya sepele namun kerajinan dari anyaman bambu khas Indonesia ini juga sudah terkenal di berbagai negara. Umumnya untuk membuat kerajinan ini masyarakat tidak menggunakan bantuan alat tapi dikerjakan dengan tangan secara manual. Adapun hasil produk dari anyaman bambu ini seperti tudung saji, meja, kursi dan perabotan rumah tangga. Di mana Dari sekian produk yang dihasilkan perabotan rumah tangga lah yang menjadi incaran para turis. Untuk mendapatkan kerajinan dari anyaman bambu itu Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan uang yang banyak pasalnya dijual dengan harga ramah di kantong.

3.Kerajinan Gerabah

Tidak hanya anyaman bambu saja Indonesia juga terkenal memiliki kerajinan tanah liat yang berkualitas tinggi. Untuk membuat gerabah ini tidaklah sulit Anda hanya perlu membasahi tanah liat terlebih dahulu kemudian mendiamkannya selama 2 hari setelah itu digiling agar bisa merekat dan terakhir dibakar dengan suhu tertentu. Di mana salah satu sentra gerabah yang terkenal di Indonesia yaitu Kasongan. Kosongan sendiri merupakan salah satu wilayah di Yogyakarta yang berada di kabupaten Bantul. Di sana nantinya Anda tidak hanya melihat hasil kreasi tanah liat saja namun juga bisa langsung mencoba untuk membuatnya sendiri. Sementara harganya sendiri bisa dibilang tidaklah mahal yakin dibandrol mulai dari Rp 10.000 untuk ukuran kecil.

7 Produk Dari Tanah Air Yang Digemari Turis Mancanegara

4.Getah Nyatu

Salah satu kerajinan khas tanah air yang sudah mendunia yaitu getah nyatu. Getah Nyatu sendiri merupakan produk kerajinan yang berasal dari suku Dayak Kalimantan Tengah. Di mana bahan utama untuk pembuatannya berasal dari pohon nyatu. Umumnya masyarakat sekitar membentuknya berupa kapal naga dengan detail yang rumit. Dikarenakan keunikannya membuat kerajinan ini menjadi incaran para turis yang berkunjung ke Indonesia. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli di toko oleh-oleh terdekat di pulau Kalimantan dengan harga yang murah pastinya.

5.Kerajinan Wayang

Dikarenakan pertunjukan wayang yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan lisan dan non bendawi Indonesia membuatnya terkenal di seluruh dunia. Oleh karena itu tidak heran jika banyak turis yang memburu kerajinan khas Indonesia satu ini untuk nantinya dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Di mana diperkirakan bahwa kerajinan wayang ini sudah ada sejak abad ke-1. Perlu untuk ketahui bahwa selain digunakan sebagai media pertunjukan dulunya wayang juga dimanfaatkan untuk sarana menyebarkan agama Islam di pulau Jawa yang dilakukan oleh para wali songo.

6.Kerajinan Perak

Kerajinan perak juga merupakan salah satu produk yang sering dicari para wisatawan dari luar negeri. Biasanya kerajinan ini dimanfaatkan untuk membuat perhiasan dan koin. Di tanah air sendiri perak tidak hanya diolah sebagai barang-barang namun juga dibuat pajangan yang indah misalnya miniatur bentuk candi Borobudur, Rumah gadang, miniatur Monas dan lain sebagainya. Dimana salah satu sentra perak yang terkenal di Indonesia yaitu Kotagede Yogyakarta dan celuk Bali. Walaupun hasil karya keduanya memiliki latar belakang yang tidak sama namun tidak mempengaruhi nilai yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk harganya dibandrol berbeda-beda. Hal itu tergantung dari kerumitan dan berapa lama proses pembuatannya. Tentunya semakin rumit dan lama proses pembuatannya harganya akan mahal.

7.Kerajinan Noken

Karakteristik dari kerajinan ini yaitu menggunakan kulit kayu sebagai bahan utamanya. Nantinya kulit kayu itu akan dianyam untuk dijadikan tas atau kantong yang mampu menampung barang. Noken sendiri merupakan salah satu kerajinan buatan masyarakat Papua yang juga sering buru parah wisatawan luar negeri. Biasanya kerajinan ini dimanfaatkan penduduk Papua untuk membawa hasil buruan.

Itu tadi 7 kerajinan lokal khas Indonesia yang sudah mendunia. Tentunya hal itu membuat kita sebagai warga Indonesia merasa bangga sehingga perlu untuk terus melestarikannya agar tidak diambil oleh negara lain.

rajinindo

Related Posts

6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

Comments Off on 6 Souvenir Dari Kayu Yang Sering Dibeli Turis Di Indonesia

6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

Comments Off on 6 Kerajinan Tangan Asal Indonesia Paling Otentik

7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

Comments Off on 7 Jenis Kerajinan Tangan Nusantara Paling Populer dan Mendunia

5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Comments Off on 5 Games RPG Android yang Wajib Anda Coba

Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

Comments Off on Ragam Hasil Tangan Unik Karya Anak Negeri

3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Comments Off on 3 Kerajinan Unik Khas Indonesia dari Bulu Ayam

Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Comments Off on Inilah 5 Game Zombie Android Terbaik

Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Comments Off on Percantik Rumah dengan Kerajinan dari Tanah Liat yang Aesthetic Khas Indonesia

Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

Comments Off on Inspirasi Kerajinan dari Bambu Mengubah Tampilan Rumah Jadi Aestethic Khas Indonesia

10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Comments Off on 10 Games Battle Royale Android Terbaik 2022

Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

Comments Off on Cara Membuat Pot Bunga Polkadot Gantung Daur Ulang Plastik Khas Kerajinan Indonesia

Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

Comments Off on Fakta Menarik Tentang Kerajinan Tangan Asli Indonesia

Create Account



Log In Your Account