Kerajinan Unik Bambu Di Kediri

0 776

Tumbuhan bambu banyak dijumpai di wilayah Kabupaten Kediri. Seiring dengan perkembangan zaman, ditangan pengrajin Roni Dwi Wijayanto bambu dikembangkan dengan desain yang menarik sehingga diminati banyak kalangan.

Seni Kerajinan Bambu and Designer milik Roni Dwi Wijayanto yang beralamat di Dusun Pehkulon RT.02 / RW.02 Desa Pehkulon Kec. Papar Kabupaten Kediri telah mengolah bambu untuk dijadikan banyak jenis produk. Mulai dari Gasibo, Kap Lampu, Lampu duduk, Piring bambu hingga produk pajangan dan hiasan lainnya. Hasil Kerajinan Roni sudah tersebar di Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Malang, Surabaya dan kota-kota lainnya di Jawa Timur.

Roni mengeluhkan betapa sulitnya mencari tenaga pengrajin bambu. Menurutnya kerajinan bambu mulai kehilangan sosok pengrajinnya, yang dinilai melalui jumlah pengrajin bambu semakin menurun. Oleh karena itu Roni bertekat menarik kembali minat masyarakat untuk membuat kerajian tangan dari bambu.

Dukungan Pemerintah Setempat

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno melalui Kepala Dinas Kominfo Ir. Adi Suwignyo, MSi mengatakan menjalankan peluang bisnis kerajinan bambu terbilang sangat menguntungkan, didukung dengan melimpahnya bambu di Kabupaten Kediri memberikan keuntungan besar bagi pengrajin. Sebab harga jual bambu dipasaran masih sangat rendah.

Untuk menarik minat masyarakat dan meningkatkan kualitas produk pengrajin, Pemerintah Kabupaten Kediri akan memfasilitasi dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Juga dengan memasarkan produk-produk melalui website resmi Kab. Kediri. Dengan pemasaran secara online dapat menjangkau konsumen di seluruh dunia.

Source Kerajinan Unik Bambu Di Kediri Kerajinan Unik Bambu Di Kediri
Comments
Loading...