Kerajinan Batik Motif Sekar Mentari Di Temanggung

0 105

Kerajinan Batik Motif Sekar Mentari Di Temanggung

Kain batik adalah kain khas Indonesia hampir setiap daerah memiliki kain batik yang unik dengan motif tertentu sebagai cirikhas produksi daerah tersebut.Temanggung juga memiliki batik yang dikenal batik Temanggung tidak sama dengan motif batik dari kabupaten atau kota lainnya di Indonesia. Temanggung terkenal dengan tembakaunya yang menjadi ciri khas batik Temanggung yakni batik tembakau.

Kini Iman Nugroho telah membuka workshop dan showroomnya terletak di Dusun Tegaltemu ,Desa Manding, Temanggung. Batik tulis produksi Iman Nugroho tidak hanya motif tembakau dengan variasi mulai dari motif batik daun,bunga tembakau ,batang,akar melainkan juga motif teh, kayu hingga buah- buahan .Semenjak itulah masyarakat Temanggung berbondong- bondong menjadi pengrajin batik tembakau tepat tahun 2010 batik Mbako berdiri. Kerajianan batik Mbako awalnya dirintis dan ditekuni oleh mayoritas pemuda& ibu- ibu rumah tangga yang telah mengikuti kursus membatik di Solo.

Batik Motif Sekar Mentari

Warna-warna yang digunakan pada Motif Sekar Mentari  adalah kombinasi warna panas yaitu warna primer dan sekunder. Warna orange kecoklatan sebagai latar (background), dikombinasikan dengan kuning kecoklatan pada motif tambahan garis-garis lengkung, merah pada isen-isen bunga dan kuning pada daun. Warna orange kecoklatan dihasilkan dari perpaduan warna orange dan warna coklat dengan pebandingan 3: 1 lebih dominan warna orange. Pada karya ini terdapat gradasi warna kuning, dari kuning kecoklatan ke kuning yang lebih muda, sehingga terjadi dua tingkatan warna kuning. Tidak hanya terjadi gradasi warna tetapi juga terdapat repetisi warna pada motif dan isen-isen. Warna putih yang digunakan sebagai outline dalam desain ini menonjol karena warna dasar karya ini adalah orange kecoklatan. Kecerahan warnanya terdapat pada warna kuning muda terang.

Source https://ning-tree.blogspot.com https://ning-tree.blogspot.com/2017/07/kerajinan-batik-khas-kabupaten.html
Comments
Loading...