Anyaman Bambu Dari Desa Terban, Semarang

0 474

Sentra Kerajinan Anyaman

Di Desa Terban Kecamatan Pabelan, Semarang, Jawa Tengah terdapat sentra pembuatan kerajinan dari anyaman bambu. Sejumlah produk seperti besek, tompo, tenggok dan beberapa kerajinan lainnya dibuat oleh sebagian besar warga dusun Senggrong di Desa ini.

Kebanyakan warga di dusun ini memang memiliki keahlian membuat peralatan untuk kebutuhan sehari-hari dari anyaman bambu. Hampir di setiap rumah akan dijumpai potongan bambu yang terkadang disampingnya terdapat hasil kerajinan yang sudah, maupun yang baru setengah jadi.

Hasil anyaman dari desa ini juga terbilang cukup banyak. Sayangnya, hasil kerajinan masih dijual di pasaran lokal. Warga hanya bisa menjual produknya di Pasar Desa setempat setiap hari pasaran yakni Legi dan Wage. Dalam hal ini, pemerintah desa juga tidak diam saja. Sejumlah pelatihan nantinya akan diberikan kepada para perajin anyaman bambu ini. Diharapkan pelatihan yang akan diberikan mampu memberikan dampak pada meluasnya jangkauan pasar hasil kerajinan warga Senggrong.

Siti Khoiriyah  salah satu pengrajin anyaman bambu di dusun Senggrong mengatakan bahwa kebanyakan perajin memang belum tahu hendak menjual kemana selain ke pasar Desa. Selain dekat, hanya pasar Desa yang memungkinkan para perajin untuk menjual hasil kerajinannya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

”Soalnya dekat. Kalau di bawa ke pasar yang jauh biayanya akan banyak. Selain di pasar situ, kami juga menerima pesanan membuat apa saja,” ujar Khoiriyah sembari menunjukkan hasil kerajinannya berupa dinding dari anyaman bambu yang baru setengah jadi. Khoiriyah berharap adanya bantuan dalam hal pemasaran sehingga produk yang mereka hasilkan bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Source Anyaman Bambu Dari Desa Terban, Semarang Anyaman Bambu Dari Desa Terban, Semarang
Comments
Loading...