Daur Ulang Barang Bekas Jadi Alat Medis Di Balikpapan

0 437

Daur Ulang Barang Bekas Jadi Alat Medis Di Balikpapan

Meski hanya lingkup kampus, Maria Apolonia Lipahelan cukup bangga. Pasalnya, dia mampu menularkan ide kreativitas yang dimiliki kepada mahasiswi lainnya. “Jadi bisa buat barang daur ulang menjadi inkubator, plasenta (ari-ari), alat reproduksi, dan lain-lain,” ujar mantan Ketua Divisi Kerajinan dan Kreativitas Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Borneo Medistra Balikpapan ini.

Hal itu dia lakukan saat orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) mahasiswi baru tahun lalu. Baginya, ospek yang diberikan tak melulu dengan kekerasan. Dia menyuruh adik tingkatnya membuat kerajinan sekreatif mungkin dari barang bekas seperti styrofoam, kain bekas, dan lain-lain.

“Hasilnya, mereka jadi lebih kreatif dan mampu bertanggung jawab atas hasil karyanya. Yang cukup membanggakan, mereka ‘kan waktu itu baru, tapi sudah bisa,” tutur mahasiswi semester enam ini. “Ke depan harapannya, mereka bisa menciptakan penelitian yang bisa juga membanggakan kampus,” sambungnya.

Sama halnya dengan Maria, Endah Wulandari juga turut bangga. Dia merupakan mahasiswi berprestasi di Borneo Medistra Balikpapan. Setiap tahun dia selalu mendapatkan beasiswa dari Pemprov Kaltim lantaran nilai IPK selalu di atas 3,5.

Dia juga pernah mengikuti perlombaan di kampusnya yang digagas langsung oleh IKM Borneo Medistra. Walhasil, dia terpilih sebagai juara satu dalam lomba penulisan partograf, semacam dokumentasi data persalinan.

Namun, prestasi dari Endah memang dia miliki sejak masih duduk di bangku SMP saat masih di Medan. Dia pernah masuk 10 besar Olimpiade Matematika se-Medan saat masih kelas 3 SMA. Sementara masuk kelas 1 SMA di kota yang sama dia pernah mengikuti Olimpiade Kimia Nasional dan masuk 10 besar.

“Saya masuk Borneo Medistra Balikpapan memang karena ingin merantau dari Medan. Rencananya, usai lulus tahun ini, saya akan melanjutkan S-1 Kebidanan di Universitas Airlangga Surabaya,” tutur mahasiswi semester enam ini. “Setelah lulus S-1, rencana saya akan kembali ke sini (Balikpapan) untuk bekerja,” lanjutnya

Source http://kaltim.prokal.co http://kaltim.prokal.co/read/news/132549-daur-ulang-barang-bekas-jadi-alat-medis-hingga-juara-olimpiade
Comments
Loading...