Desa Poreh Pusat Tikar Rakara, Kabupaten Sumenep

0 211

Desa Poreh, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, adalah sebagai sentra tikar yang terbuat dari daun pohon siwalan. Bahkan 90% dari penduduknya berprofesi sabagai pengrajin membuat tikar rakara. Salah satu nya yaitu Pak Jumadi. Jika melintasi atau masuk ke Desa Poreh Kecamatan Lenteng, maka kita akan menemui suatu keguyuban aktifitas warganya.

Bahkan jika kita telisik lebih jauh lagi atau dengan jeli memperhatikan sepertinya di setiap warga mempunyai pohon siwalan yang dikenal sebagai bahan membuat gula merah. Ternyata pohon yang dikenal cukup kuat untuk bahan bangunan itu, daunnya jika dianyam menjadi tikar.

Manfaat tikar daun lontar ini, biasanya dibuat pembungkus tembakau yang bakal disimpan dalam gudang. Itu sebabnya, tikar daun lontar tersebut sangat terkenal terutama bagi kalangan petani tembakau. Kebutuhan terhadap tikar bertambah besar jika musim panen tembakau tiba, sehingga para pengrajin tikar optimistis produknya tetap diminati karena mempunyai pasar yang cukup cerah. Hal ini membuat warga desa menggantungkan hidupnya dari anyaman daun lontar.

Proses Pembuatan Tikar

Adapun cara membuatnya, pertama mereka mengumpulkan daun siwalan secukupnya lalu dikeringkan cukup dijemur satu hari saja sudah siap dianyam pada malam harinya. Bagi yang sudah trampil biasanya mereka menghasilkan 4 hingga 5 lembar tikar dalam seharinya. Itu kalau di-kerjakan tidak ngoyo, tapi jika bekerja dengan sedikit ngoyo mereka bisa memproduksi 8 hingga 9 lembar tikar rakara dalam sehari.

Source Desa Poreh Pusat Tikar Rakara, Kabupaten Sumenep Desa Poreh Pusat Tikar Rakara, Kabupaten Sumenep
Comments
Loading...