Festival Kerajinan Gerabah Di Borobudur

0 128

Festival Kerajinan Gerabah Di Borobudur

Festival Gerabah kembali digelar di Borobudur. Acara ini digelar di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Festival yang sudah dua kali dilaksanakan ini dinilai mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke sentra pembuat gerabah di Magelang itu.

Catur Windarmoko, mengatakan, festival ini juga digelar sebagai wujud syukur warga atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui pembuatan gerabah yang dilakukan sebagian besar masyarakat.

“Teriring harapan, semoga kerajinan pembuatan gerabah ini akan tetap terus lestari di Desa Karanganyar ini,” kata Catur di Magelang. Dia menyebutkan, festival gerabah dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu hari ini.

Festival diawali dengan kirab gerabah dan potensi alam lainnya yang ada di Desa Karanganyar. Hari pertama festival kemarin diramaikan dengan gerebeg dua gunungan berisi gerabah aneka bentuk.

Selain itu, juga dilaksanakan pentas kesenian-kesenian tradisional dari Magelang.
Sedangkan pada hari kedua ini, masih digelar pementasan kesenian tradisional, pameran gerabah, aneka lomba, dan workshop.

“Puncak festival gerabah nanti malam diisi dengan pengajian jamaah kopdariyah,” terang Catur. Dia menjelaskan, festival ini merupakan upaya dari pemerintah desa untuk terus melestarikan kerajinan gerabah di Desa Karanganyar. Apalagi, belakangan ini, generasi muda sudah mulai meninggalkan pembuatan kerajinan ini.

“Saat ini, hanya sedikit pemuda yang menguasai kemampuan memutar alat pembuatan gerabah. Jika hal ini dibiarkan, tidak akan ada lagi penerus pembuat gerabah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, festival gerabah ini patut mendapatkan apresiasi dari semua pihak. “Saya bangga dan gembira karena melalui festival ini, seluruh warga bisa bersama-sama, bergotong royong tanpa melihat perbedaan. Mereka hanya bergembira dab mengembangkan potensi yang ada untuk kesejahteraan bersama,” kata Zaenal.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3704965/melihat-serunya-festival-gerabah-di-borobudur
Comments
Loading...