Industri Kerajinan Rotan Kecil Gresik

0 915

Kabupaten Gresik sebagai salah satu pusat pengembangan industri kecil rotan, memiliki lokasi pusat pengembangan kerajinan rotan yaitu di Kecamatan Menganti (RTRW Kabupaten Gresik) Industri kecil rotan Menganti mulai mengalami masa penurunan setelah dibukanya kran eksport rotan setengah jadi pada 2005. Harga bahan baku naik hingga 50%, kemudian diikuti oleh kurang dan semakin menipisnya ketersediaan bahan baku rotan yang berkualitas baik. Hal tersebut dikarenakan bahan baku yang diperoleh selama ini berasal dari pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Industri Kerajinan Rotan

Industri Kecil Rotan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, tersebar di empat desa yaitu Desa Domas, Boteng, Gadingwatu dan Beton. Salah satu Perintisnya adalah Yusuf Dwi. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan industri diantaranya adalah material, man power, money, machine dan market. Industri kerajinan rotan menganti merupakan industri kecil dengan ciri bahan baku utama rotan yang berasal dari sulawesi dan kalimantan, tenaga kerja berasal dari dalam wilayah, tingkat pendidikan menengah, tenaga kerja memiliki status borongan, modal tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari,

struktur usaha tergantung dari permintaan pasar dan ketersediaan bahan baku, tidak memiliki strategi pemasaran, peralatan utama yang digunakan bersifat semi modern, tidak memiliki ijin usaha, aturan kerja bersifat fleksibel, memiliki sistem administrasi dan pembukuan, tidak memiliki kreativitas dan inovasi. Konsep yang akan dikembangkan yaitu pengembangan industri kecil rotan Menganti melalui model pendamping Lembaga Pengembangan Bisnis dalam peningkatan pelatihan desain, pengetahun internet dan keterampilan para pengrajin serta peningkatan pelatihan mengenai mekanisme pasar lokal dan global dengan memanfaatkan lembaga pengambangan bisnis di Kabupaten Gresik. Melakukan Kerjasama pemerintah daerah dengan daerah penghasil rotan seperti pengadaan terminal bahan baku untuk pemenuhan dan keberlangsungan industri kecil rotan Gresik.

Source Industri Kerajinan Rotan Kecil Gresik Industri Kerajinan Rotan Kecil Gresik
Comments
Loading...