Indutri Kerajinan Genteng Pres Di Grobogan

0 169

Kerajinan Genteng Pres

Salah satu home industri di Kabupaten Grobogan yang sampai sekarang keberadaannya masih eksis diantaranya adalah pembuatan genteng pres yang berada di Desa Karangasem Kecamatan Wirosari. Industri genteng pres tersebut pemasarannya telah menembus di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jogjakarta bahkan sampai ke Surabaya.

“Kalau dulu pemasarannya bisa sampai ke Jakarta bahkan bisa menembus luar Jawa, namun sekarang terbatas di wilayah Jawa Tengah saja’’ ungkap Edi Siswanto pemilik home industri genteng pres SGN

Diakuinya, usaha yang dilakukan sejak tahun 1990 itu meski telah bertahan, namun dalam kebutuhan bahan baku mengalami kendala. Karena tanah yang berada di desa tersebut yang selama ini diambil untuk bahan genteng pres semakin hari semakin berkurang karena pengerukan terus menerus, sehingga untuk mencukupi kebutuhan tersebut ia harus mendatangkan tanah liat dari Desa Sumberagung dengan harga Rp. 125.000 per rit truk engkel.

Menurut Edi harga jual genteng pres di Desa Karangasem memang bervariasi. Untuk genteng pres jenis plentong harga Rp. 700 per buah, jenis mantili Rp. 900 per buah, jenis garuda Rp. 950 per buah, jenis pola panjang Rp. 700 per buah, jenis turbo Rp. 1000 per buah dan jenis gojor Rp. 1500 per buah. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim,yang jelas biaya pengiriman disesuaikan tempat yang dituju.

Source Indutri Kerajinan Genteng Pres Di Grobogan Indutri Kerajinan Genteng Pres Di Grobogan
Comments
Loading...