Kain Songket Sidemen Khas Bali

0 272

Kain Songket Sidemen Khas Bali

Negara Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan suku bangsa dari Sabang sampai Merauke, di mana setiap daerah memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda dari daerah lainnya. Begitu juga dengan kain tradisonal hasil karya tiap-tiap daerah memiliki corak dan ragam tersendiri, misalnya kain songket di desa Sidemen, Bali. Kerajinan kain songket Sidemen Bali mempunyai ciri khas yang unik terutama tampilan motif dan warnanya, sehingga kain songket ini dijadikan ciri khas produk daerah tersebut.

Kain Songket Sidemen Bali dapat dikatakan sebagai kain mewah yang memiliki motif dan dibuat dengan bentuk variasi anyaman, menggunakan benang katun warna-warni atau benang dari emas dan benang perak di atur sedemikian rupa, sehingga berbentuk motif yang diinginkan. Kain songket Sidemen Bali ini biasa digunakan untuk upacara-upacara sakral tertentu di Bali.

Seiring dengan perkembangan zaman maka kain songket Sidemen sekarang sudah digunakan untuk acara-acara kebesaran seperti wisuda, pernikahan, dan lain-lain. Selain itu, untuk menambah nilai jual dari kain songket tersebut maka masyarakat setempat mencoba membuat dompet dan tas dari kain songket Sidemen. Tentu ini diburu oleh para konsumen sebagai oleh-oleh khas Bali jika datang ke Bali khususnya ke Sidemen.

Source Kain Songket Sidemen Khas Bali Kain Songket Sidemen Khas Bali
Comments
Loading...