Karya Seni Tinggi “Cangkang Telur” Jakarta

0 194

Dari ketidaksengajaannya menginjak telur di kala istrinya sedang menggoreng telur di dapur, mengilhami Teguh Joko untuk merintis sebuah peluang usaha berupa seni dari kulit telur atau dikenal dengan art of egg shell. Sepertinya bisa dijadikan media untuk mengembangkan produk art seperti lukisan atau craft lainnya. Dia membuka workshop di rumahnya di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur

Pada masa itu Teguh merekrut sekitar 30 orang anak dari pabrik-pabrik yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk diajari seni kulit telur. “Saya ajari mereka cara membuat seni kulit telur ini selama 3 bulan lamanya dan juga saya gaji karena mereka kan tidak punya penghasilan. Hasil karya mereka saya pamerkan di pasar festival. Ternyata antusias masyarakat yang datang sangat luar biasa. Bahkan dapat orderan untuk pertama kalinya dari negara New Zealand,” terang Teguh dengan antusias. Dari kesuksesan itu, 30 anak yang belajar seni kulit telur menjadi lebih bersemangat untuk terus berkarya. Kini mereka telah dapat berdikari sendiri.

Teknik Membuat Kerajinan Dari Kulit Telur

Tahap pertama, cuci telur sebersih mungkin sampai kulit arinya mengelupas kemudian jemur di bawah terik matahari antara 2-3 jam. Setelah kering, kulit telur tadi ditempel dengan lem kayu sambil ditekan-tekan di mediannya. Lakukan proses itu hingga muncul bintik-bintik putih yang menjadi poin plus dari hasil kreasinya tersebut. Usai menempel, gosok kulit telur dengan amplas besi atau aluminium hingga keluar pori-pori di antara sel-sel telurnya. Sesudah itu, olesi semen putih dan warnailah sesuai selera. Langkah terakhir, gosok dan lapisi dengan bahan pelapis.

Source Karya Seni Tinggi Dari Kulit Telur Berjiwa Seperti Kulit Telur
Comments
Loading...