Kerajina Daur Ulang Karung Goni Di Surabaya

0 274

Kerajina Daur Ulang Karung Goni Di Surabaya

Karung goni tak cuma pembungkus beras atau cabai yang jika sudah dipakai nilai gunanya akan turun. Para perajin kreatif menggunakan bahan baku goni ini untuk membuat sepatu, taplak, hingga kaligrafi yang harganya bisa mencapai Rp 800.000 per unit.

Ide bisa muncul tiba-tiba dari sebuah keresahan. Melihat tumpukan karung goni bekas yang tak terpakai di sekitar rumahnya, Rahmawati tergerak menciptakan kerajinan berbahan dasar karung goni tersebut. Niat ini makin kuat ketika Rahmawati melihat tingginya minat masyarakat menggunakan produk daur ulang. 

Ketika Rahmawati warga Surabaya, Jawa Timur memulai usaha kerajinan dari karung goni September 2010, sepatu Cross sedang naik daun. Ia pun terpikir membuat sepatu dari bahan dasar karung goni. “Kemudian coba saya buat sepatu dengan model mirip seperti Cross,” kata pemilik Fazle Craft ini. Ternyata, respon pasar di Surabaya cukup bagus. Dagangannya yang laris manis, membuat Rahmawati kian percaya diri mengembangkan usaha sepatunya.


Sebelum mengolah goni menjadi sepatu, Rahmawati merendam goni ini dalam air selama satu hari untuk melepaskan serabut-serabut goni. “Setelah direndam, dikeringkan dan dijahit manual sesuai dengan model,” kata ibu tiga putra ini. Rahmawati dan empat pegawainya memproduksi 100 pasang sepatu setiap dua pekan. Ia membuat masing-masing satu taplak, tempat tisu, dan tutup galon setiap hari.

Harga sepatu goni buatannya Rp 150.000 per pasang. Sedangkan harga taplak meja Rp 75.000 hingga Rp 250.000 untuk ukuran 3 meter dan tas atau tempat tisu senilai Rp 50.000.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/si-goni-bekas-pun-menjadi-lebih-bernilai-1
Comments
Loading...