Kerajinan Bambu Di Bandung Barat

0 584

Kerajinan Bambu Di Bandung Barat

Melalui tangan kreatif Dian Setiawan limbah bambu disulap menjadi barang bernilai jual tinggi. Dari limbah bambu pula Dian menghidupi keluarganya.

“Ya 70% memanfaatkan limbah bambu yang sudah tidak terpakai,” kata Dian di studio sekaligus tempat tinggalnya di Jalan Kolonel Masturi Kampung Cisarua RT 01/12 Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat.

Dian memanfaatkan limbah bambu menjadi produk miniatur, hiasan dan perlengkapan rumah tangga, seperti sendok, garpu, piring, gelas, gantungan baju, lampu duduk, lampu tempel dan lain sebagainya.

Dian memulai bisnis kerajinan dari limbah bambu sejak 2011 silam. Itupun berawal dari iseng memanfaatkan bambu dari Kubung Jamur yakni bambu yang digunakan untuk tempat budidaya jamur.

“Awalnya iseng (buat kerajinan) dari Kubung jamur¬† yang tidak terpakai,” kata Dian. Kini hasil karyanya sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia seperti Papua, Banjarmasin, Yogyakarta, Jakarta, Banten dan Surabaya serta Madura.

“Kalo di daerah Lembang sendiri jelas, ada beberapa yang sudah menjadi mitra,” katanya.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2015/12/05/pria-ini-berhasil-mengubah-limbah-bambu-jadi-alat-dan-perhiasan-rumah-tangga
Comments
Loading...