Kerajinan 3 In 1 Shoes Di Yogyakarta

0 159

Kerajinan 3 In 1 Shoes Di Yogyakarta

Bagi Anda yang sering merasa pusing dengan banyaknya sepatu hingga tak tertampung lagi di rak khusus sepatu, maka penemuan ini dapat menjadi solusinya. Sebuah sepatu 3 in 1 yang dapat bertransformasi dari sepatu sekolah, menjadi wedges dan sepatu sandal, menjadi salah satu solusi untuk membenahi lemari ataupun rak sepatu yang penuh sesak dengan alas kaki.

Fitri Ainun Nazara, siswi kelas XI SMA 6 Yogyakarta ini adalah penciptanya.‎ Gadis manis ini terinspirasi untuk menciptakan sebuah sepatu 3 in 1 setelah melihat rak sepatu yang dipenuhi sepatu yang bertumpuk-tumpuk.

“Padahal kan sebuah sepatu bisa aja jadi sepatu jalan, dan sepatu sekolah, karena fungsinya yang sama. Karena kebanyakan sepatu, rak penyimpannya juga menjadi sesak dan terkadang itu bikin ribet sendiri,” ujarnya kepada detikcom di acara International Exhibition for Young Inventors (IEYI) ke-10, di Gedung SMESCO Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakart.

Fitri merupakan salah satu finalis asal Indonesia yang mengikuti ajang penemuan remaja internasional ini. Dalam acara ini, dirinya berkompetisi denan ratusan penemuan lain dari para remaja beberapa negara dunia yang tak kalah kreatif.

Dalam pembuatan sepatu 3 in 1 ini, Fitri bekerja sendiri, dengan dibantu pengrajin sepatu di kawasan Yogyakarta. Bahan yang digunakan pun tak sulit untuk ditemukan, yaitu sebuah kain untuk sepatu, busa sebagai alas sepatu dan velcro. Lalu apa fungsi dari velcro dalam penemuan ini?

“Velcro disini berfungsi sebagai alat untuk melepas sol sepatu, jadi ketika sol bawah yang telah dipasang velcro dilepas, maka sepatu biasa akan‎ berubah menjadi sepatu wedges,” jelasnya sambil mendemonstrasikan cara melepas dan memasang sol sepatu biasa, sehingga dapat berubah bentuk menjadi sebuah wedges trendi yang cocok untuk dipakai jalan-jalan.

‎Fungsi dari sepatu ciptaan Fitri tak sampai disitu saja. Bagian belakang sepatu yang dipasang pengait juga dapat dilepas-pasang, sehingga dapat bertransformasi menjadi sebuah sepatu biasa dan sepatu sandal. Sungguh kreatif.

‎”Jadi sepatu 3 in 1 ini, selain dapat menghemat tempat di rak sepatu, juga dapat menghemat uang. Karena untuk satu sepatu saya cuma habiskan modal Rp 350 ribu. Apa jadinya kalau kita beli sepatu sekolah, sepatu jalan dan sepatu sandal, pasti biasanya lebih mahal lagi,” jelasnya berpromosi.

Awalnya Fitri pun tak menyangka karyanya akan masuk menjadi finalis ajang penemuan internasional kali ini. Karena niat awal Fitri sebenarnya adalah untuk mengumpulkan nilai sekolah.

“Tujuan awalnya sih untuk ngumpulin nilai sekolah, tapi ternyata diikutkan lomba, trus lolos. Alhamdulillah, karena rezekinya lolos, jadi saya lanjutan aja gitu,” tutur bungsu dari 3 bersaudara itu sambil tersenyum.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita/2734472/rak-sepatu-kepenuhan-jadi-inspirasi-fitri-ciptakan-3-in-1-shoes
Comments
Loading...