Kerajinan Airbrush Di Bondowoso

0 118

Kerajinan Airbrush Di Bondowoso

Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso, menjadi pusat kerajinan souvenir airbrush berbagai ukuran. Setiap harinya tak kurang dari 1000 produk dihasilkan para perajin muda, yang mana seluruhnya dipasok ke pusat wisata di Pulau Bali.

Di Dusun Paleran Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok, Hermanto bersama istrinya Ulfa Febianti menciptakan usaha kerajinan yang kini telah berkembang pesat. Di tempat ini berbagai kerajinan souvenir dibuat menggunakan teknik airbrush, kemudian diaplikasikan dalam berbagai bentuk.

Beberapa bentuk hasil kerajinan yang dibuat diantaranya miniatur papan surfing, gantungan handphone, gantungan kunci, sandal mini dan bahan souvenir lainnya dengan bentuk dan warnanya bisa dipesan.

Pembuatan souvenir airbrush Desa Paguan diawali dengan pembuatan bentuk kayu sebagai bahan dasar. Kemudian kayu diamplas hingga halus, proses ini biasanya dikerjakan oleh para tetangga di sekitar rumah.


Setelah bahan dasar siap diwarna, kemudian para tenaga ahli memberikan warna dasar yang diikuti warna souvenir serta di akhiri dengan proses finishing. Finishing harus dilakukan dibawah sinar matahari, agar hasil souvenir mengkilap dengan warna cerah.

 

Menurut Ulfa Febianti, kerajinan airbrush sudah ditekuni sejak tahun 2011, keseluruhan hasil produk dipasok untuk menyuplai pesanan tempat-tempat wisata di Pulau Dewata Bali.

Setiap hari, tempat usaha miliknya mampu menghasilkan 1000 produk berbagai ukuran siap kirim. “Harganya bervariasi, mulai dari Rp 2 ribu untuk ukuran gantungan hp hingga Rp 500 ribu rupiah untuk miniatur papan surfing,” jelas Ulfa Febianti.

Jelang akhir tahun ini jumlah pesanan semakin meningkat, sehingga diharuskan melakukan pengiriman setiap minggu.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=73470&&top=1&&ktg=J%20Tapal%20Kuda&&keyrbk=Ekonomi%20Dan%20Bisnis&&keyjdl=kerajinan%20airbrush
Comments
Loading...