Kerajinan Akar Bambu Dari Tuban

0 379

Kerajinan Akar Bambu Dari Tuban

Akar batang bambu biasanya hanya digunakan sebagai kayu bakar. Namun di tangan seorang seniman asal Kabupaten Tuban, benda yang biasa disebut bonggol bambu atau duthel tersebut, mampu dimanfaatkan untuk menjadi berbagai patung abstrak bernilai jutaan rupiah. Siapa sangka akar batang (bonggol) bambu yang biasanya hanya digunakan sebagai kayu bakar, dapat dimanfaatkan untuk mendulang rejeki.

Ya, di tangan Rifaii Babeher, bonggol bambu tersebut disulap menjadi berbagai jenis patung abstrak bernilai jual tinggi.

Berbekal bonggol bambu serta berbagai jenis kuas dan cat, di tangan seniman asal kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding Tuban inilah bonggol bambu tersebut dijadikan patung abstrak dengan nilai ekonomis tinggi.

Usaha kerajinan bonggol bambu ini bermula 3 tahun lalu, saat Rifai, sapaan akrab Babeher, kebetulan sedang jalan-jalan ke pedesaan. Saat itu, kebetulan dia melihat banyak bonggol bambu yang tidak terpakai. Kemudian dia berpikir untuk memanfaatkannya.

Berbekal jiwa seni yang dimiliki, kemudian bonggol bambu tersebut dia bersihkan dan diwarnai dengan cat di bagian-bagian tertentu, hingga menjadi sebuah patung abstrak. Ternyata, hasil karya isengnya tadi berbuah manis. Salah seorang temannya tertarik untuk membelinya. Dari situlah awal karya iseng tersebut menjadi rupiah.

Pembuatan patung abstak ini tidaklah mudah, harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pengeringan bongkol bambu agar tidak mudah lapuk, pembersihan, pengecatan, hingga penghalusan.

Istimewanya, patung buatan pria kelahiran Tuban 12 Desember 1969 silam ini adalah bentuknya yang abstrak. Bukan patung berbentuk binatang ataupun berbagai bentuk lain yang lebih jelas.

Meski sebagian orang mengatakan bentuk patung abstrak istimewa, namun jenis patung-patung seperti ini memiliki segmen pasar tersendiri. Hanya orang tertentu yang mempunyai jiwa seni saja yang biasanya menyukainya.

Ratusan hasil karya patung bongkol bambu telah dibuat dari bapak 2 anak ini, dengan harga jual bervariasi, mulai dari Rp. 500 ribu hingga jutaan rupiah. Karya patung abstrak yang dihasilkan muladi dari berbagai jenis burung, lobster, saunt the sheep, lumba-lumba, gajah, serta lainnya.

Kendala pemasaran memang menjadi masalah utama bagi karya-karya yang dihasilkannya. Meski begitu, hasil karyanya telah banyak terjual dib erbagai daerah di Jawa Timur, baik melalui jua beli online, maupun datang langsung ke rumahnya.

Source https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/06/rifaii-babeher-pengrajin-akar-bambu.html
Comments
Loading...