Kerajinan Akar Bambu Karya Karang Taruna Di Pagaralam

0 71

Kerajinan Akar Bambu Karya Karang Taruna Di Pagaralam

“Banyak Jalan Menuju Roma” mungkin pribahasa ini yang pas diibaratkan untuk usaha para pemuda Desa Pelang Kenidai yang tergabung dalam Karang Taruna Dusun Pelang Kenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam.

Pasalnya meskipun tidak bisa mengelolah seni ukir menggunakam pohon jati karena sulit didapat di Kota Pagaralam.

Para pemuda desa ini mampu mengubah akar bambu menjadi seni ukir yang sangat menarik dan bernilai ekonomis.

Para pemuda yang dimotori oleh Ujang (45) warga Dusun Pelang Kenidai telah mampu mengubah akat pohon bambu menjafi seni ukir wajah yang saat ini menjadi buruan warga Kota Pagaralam dan wisatawan yang datang ke Pagaralam.

Pembina Karang Taruna Pelang Kenidai, Ujang mengatakan, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi suatu karya yang menarik, bukan mustahil hal tersebut membuka peluang baru bagi masyarakat sekitar.

“Sebenarnya seni memahat akar pohon bambu ini sudah dari jaman dahulu. Untuk dijadikan sebuah karya seni. Namun saat ini saya mengajak pemuda desa kami untuk bisa mencipatakan usaha kreatif dengan memgubah sampah pohon bambu yaitu akarnya untuk dijadikan barang bernilai ekonomis,” ujarnya.

Untuk membuat satu karya seni dengan satu bahan baku bisa memakan waktu dua sampai tiga hari. Untuk itu Ujang mengajak pemuda dan warga sekitar bekerja bersama dan hasilnya akan dijual.

“Pemuda dan warga sekitar kita libatkan semua. Jadi siapa yang buat maka akan menerima uang jika karya seninya terjual,” jelasnya.

Harga yang ditawarkan untuk karya seni dari akar pohon bambu ini mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp200 ribu tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.

Dikatakan Ujang, banyak kendala yang dihadapi, dirinya mengaku sejauh ini kendala yang dihadapi adalah alat yang kurang mendukung, dan tata cara mamasarkan karya yang dibuat, sebab menurutnya alat yang baik merupakan salah satu penunjang untuk menghasilkan karya yang maksimal.

“Kemarin kami memakai alat seadanya, namun kemarin memdapat bantuan dari Walikota alat ukir. Saat ini yang harus kami pikirkan yaitu pasar yang jelas untuk menjual hasil karya kami ini,” tegasnya.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati mengatakan, pihaknya akan mendukung para pemuda Dusun Pelang Kenidai dalam memajukan usaha karya seni dari akar Bambu.

“Saya akan ajak dinas terkait untuk mencari pasar hasil karya seni akar Bambu ini. Pasalnya jika dilihat dari hasil yang sudah ada maka saya yakin akan banyak peminatnya,” ujarnya.

Source http://palembang.tribunnews.com http://palembang.tribunnews.com/2018/01/02/karang-taruna-desa-ini-ubah-akar-bambu-menjadi-seni-menarik
Comments
Loading...