Kerajinan Akrilik Unik Di Magelang

0 131

Kerajinan Akrilik Unik Di Magelang

Jiwa kewirausahaan dalam diri Fathurrazaq sudah tertanam sejak di bangku kuliah, mengingat orang tuanya memang banyak berkecimpung dalam dunia usaha. Maka ketika terbilang sudah mapan dan menjadi kepala bagian di perusahaan leasing (pembiayaan) di Kota Magelang, Fathur memilih keluar dan berwirausaha.

Dari jualan es jus hingga cemilan pernah dia coba. Sampai akhirnya sukses menekuni usaha pembuatan souvenir berbahan akrilik dengan brand Rumah Akrilik. Pria kelahiran Pemalang, 10 Februari 1982 ini memulai usaha kerajinan akrilik pada tahun 2016.

Dia fokus pada bahan akrilik yang dinilai lebih mudah dan bernilai seni, termasuk belum ada usaha serupa di wilayah Kota Magelang dan sekitarnya. ”Ada sih usaha souvenir akrilik, tapi tidak fokus alias bercampur dengan bahan lainnya. Saya memilih fokus ke akrilik, sehingga bisa lebih banyak mengeksplorasinya,” ujarnya kepada Suara Merdeka di rumah produksinya di Puri Pesona Sanden, Kota Magelang, kemarin.

Fathurrazaq berkisah, beberapa usaha dia coba dari buka kantin, jualan es, berdagang ketela goreng, hingga usaha pengemasan. Usaha-usaha ini mulai dijalani sekitar tahun 2012 selepas resign dari tempat dia bekerja.

Namun, di tengah jalan saat berseluncur di dunia maya dia menemukan jenis usaha yang menarik perhatiannya, yakni kerajinan berbahan akrilik. Dia coba pelajari dan melihat prospeknya di Magelang.

Akhirnya memberanikan diri untuk memulainya. ”Waktu itu saya lihat di Magelang belum ada. Awal hanya menerima order desain dan konsep, sedangkan pemotongan dan grafir saya orderkan di Jogja.

Lalu untuk finishing saya kerjakan sendiri,” kata alumnus Teknik Universitas Tidar itu. Beberapa lama berjalan, orderan yang diterima semakin banyak. Suatu ketika dia menerima pesanan sampai 5.000 pcs souvenir dari Bogor.

Saat itu juga dia memberanikan diri membeli mesin grafir akrilik bernilai ratusan juta, dan akhirnya mampu mengerjakan semua pesanan secara mandiri. ”Waktu itu nilainya hampir satu miliar, sehingga saya berani beli mesin sendiri. Sampai sekarang saya memproduksi sendiri semua pesanan dengan dibantu empat pekerja,” tutur.

Source https://www.suaramerdeka.com https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/78432/fathur-raup-omzet-puluhan-juta-dari-kerajinan-akrilik
Comments
Loading...