Kerajinan Aksesoris Dari Limbah Komputer Di Bandung

Greenbisnis Kundi Craft.foto dok.Kundi Craft

0 135

Kerajinan Aksesoris Dari Limbah Komputer Di Bandung

Banyak orang yang beranggapan kalau barang rusak, sampah atau limbah merupakan sesuatu yang sudah seharusnya dibuang. Tapi bagi Sugeng Riyadi dan Riri, 2 sejoli dari Bandung ini malah memanfaatkan limbah dari koputer berupa bagian-bagian hardware.

Dimanfaatkan menjadi sesuatu yang unik dan berdaya guna. Mereka membuat gantungan kunci, kalung, gelang, dudukan lampu, serta aquarium dari limbah-limbah komputer ini. Sugeng mengatakan inspirasinya datang karena melihat jenis limbah komputer yang tak dapat diprediksi.

Sugeng Riyadi, pengrajin aksesoris limbah komputer, “Kami memilih limbah elektronik karena menurut kami limbah elektronik lebih istilahnya, regulasi efek dan percepatan perbanyakannya ini dia tidak bisa diprediksi. Pasti katakanlah 300 tahun tidak bisa didaur ulang. Enggak bisa terurai di tanah.”

Sugeng dan Riri menamakan aksesoris buatan mereka dengan nama Pundi Craft yang berdiri sejak 23 November 2012 lalu. Mereka mulai merintis usaha bersama ini dengan harga berkisar dari 10 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Dalam sebulan rata-rata nominal keuntungan bersih yang mereka raih sekitar 1,5 juta rupiah hingga 2 juta rupiah. Lumayan bukan berkreasi dari benda yang dianggap sampah selalu memiliki nilai ekonomis dan tentu saja mengurangi limbah di sekitar kita.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/07/sugeng-riyadi-dan-riri-memanfaatkan.html
Comments
Loading...