Kerajinan Aksesoris Dari Tulang Sapi Di Dompu

0 261

Kerajinan Aksesoris Dari Tulang Sapi Di Dompu

Puluhan aksesoris seperti gelang, mata kalung, gantungan kunci, cincin tertata rapi di dalam ruangan kecil itu. Sebagiannnya ada yang masih berserakan di atas meja, masih dipoles menjadi aksesoris menarik. Seluruhnya terbuat dari tulang sapi.

Di ruangan kecil itu, setiap hari Abdul Haris menghasilkan paling sedikit 30 aksesoris berbagai jenis yang terbuat dari tulang sapi. Rupanya membuat aksesoris dari tulang sapi merupakan aktivitas sampingan petugas keamanan (security) perusahaan air minum dalam kemasan Marina Dompu ini sejak lama di kediamannya di Lingkungan Bali 1 Kelurahan Bali 1 Kecamatan Dompu.

Bakat memoles tulang sapi menjadi aksesoris menarik digeluti Abdul Haris tanpa guru. Awal-awalnya keterampilan itu bermula dari keisengannya mencoba. Setelah dicoba kemampuannya untuk memoles tulang menjadi aksesoris semakin berkembang. Maka tak heran di sela kesibukannya, ia selalu membuat berbagai jenis aksesoris dari tulang sapi.

“Saya biasa membeli tulang sapi ini Rp5000 per kilo. Kemudian tulang ini saya potong-potong sesuai ukuran jenis aksesoris yang mau dibuat,” kata Haris.

Sayangnya meskipun sudah lama membuat berbagai jenis aksesoris menarik dari tulang sapi, Haris tak pernah memasarkan secara khusus karyanya itu. Ia bahkan masih bingung  karena tak memiliki jaringan atau outlet untuk memajang karyanya. Selama ini, aksesoris yang ia buat terkadang dibeli orang teman-temannya. Ada yang membeli Rp20 ribu per jenis aksesoris, bahkan ada yang hanya sekedar menukarnya dengan sebungkus rokok.

Selain Abdul Haris, Kabupaten Dompu menyimpan banyak pengrajin dengan berbagai talenta. Berbagai kerajinan tangan (handy craft) itu seperti industri kecil pembuat mebel lemari, kursi, meja dan dipan. Berbagai jenis mebel itu mendominasi di jalan negara sepanjang Kecamatan Manggelewa. Kerajinan lain yaitu pandai besi seperti pisau dan parang di sepanjang jalan Kelurahan Kandai 2 Kecamatan Woja.

Source Kerajinan Aksesoris Dari Tulang Sapi Di Dompu Kerajinan Aksesoris Dari Tulang Sapi Di Dompu
Comments
Loading...