Kerajinan Aksesoris Di Jayapura

0 15

Kerajinan Aksesoris Di Jayapura

Tak bisa dipungkiri lagi, usaha kerajinan tangan mulai digemari khususnya masyarakat Kota Jayapura. Seperti yang dilakukan Artiningsih Youwe bersama empat orang temannya, membuat kerajinan tangan seperti bros, bunga, cincin, anting, gelang, noken dan asesoris lainnya.

“Kalau lagi ramai bisa laku sampai Rp1 juta. Kalau lagi sepi Rp200 ribu. Kami satu kelompok lima orang,” ungkapnya kepada Dharapospapua.com di Pasar Sentral Hamadi, Distrik Jayapura.

Untuk bisa menghasilkan asesoris, bahan-bahan yang didapat terbilang mudah karena sudah jadi, ada juga yang dibuat dari barang bekas. Dalam pengerjaannya, masing-masing memiliki tugas membuat asesoris kemudian disatukan untuk dijual.

“Harga kami sesuaikan dengan tingkat kesulitan. Mulai dari Rp10 ribu seperti gantungan kunci hingga Rp200 ribu seperti bunga hias kristal,” jelasnya.

Diakui Artiningsih, pembeli tak hanya dari Kota Jayapura, bahkan dari luar Papua. Namun kebanyakan di pesan oleh pekerja kantoran.

“Jualan dari mulut ke mulut seperti orang kantoran, ulang tahun ¬†juga ada pesanan seperti bunga meja. Selain itu, saya juga ikut pameran,” akuinya.

Terkait cara kontribusi terhadap perekonomian masing-masing orang dalam kelompoknya, Artiningsih mengaku cukup membantu untuk keperluan sehari-hari.

“Pemerintah juga bantu kami. Kami juga diberikan pelatihan. Kelompok kami merupakan binaan Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura,” sambungnya.

Perempuan yang sudah menggeluti enam tahun kerajinan tangan, selalu aktif mengajak kelompoknya untuk berkreasi agar laku saat dijual. “Harapan saya bisa berkembang dan terus berusaha biar sedikit asal tetap jalan,” harap Artiningsih

Source https://www.dharapospapua.com https://www.dharapospapua.com/2018/10/omzet-besar-dari-aksesoris-kerajinan.html
Comments
Loading...