Kerajinan Aksesoris Kawat Tembaga Di Sumatera Selatan

0 193

Kerajinan Aksesoris Kawat Tembaga Di Sumatera Selatan

Palembang, Kawat tembaga yang sering digunakan sebagai bahan untuk dinamo, trafo atau alat-alat lain yang berhubungan dengan listrik, namun bagi Ummi Rahmawati warga Palembang, Sumatera Selatan ternyata bisa dibuat aksesoris nan cantik dan menarik.

Kawat tembaga ini bisa dibuat aksesoris khususnya dikenakan kaum hawa seperti gelang tangan, kalung, cincin, bros dan lainnya sehingga karyanya itu memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Awalnya saya hanya mencoba membuat aksesoris yang terbuat dari kawat tembaga ini, karena hobi,” kata pengrajin aksesoris dari kawat tembaga Manikqumanikam, Ummi Rahmawati (25) di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut dia, usaha aksesoris itu mulai digelutinya pada tahun 2011 dengan modal sendiri dari uang beasiswa saat kuliah sebesar Rp1,5 juta.

Dengan modal sebesar itu ia membeli bahan-bahan yang dibutuhkannya seperti kawat tembaga untuk membuat berbagai aksesoris perempuan tersebut.

Ternyata aksesoris dari kawat tembaga ini cukup bagus dan menarik untuk dikenakan baik itu berupa gelang tangan, cincin, kalung dan lainnya.

“Kalau untuk desainnya saat ini saya membuatnya dari inspirasi saya sendiri,” ujanya sambil memperlihatkan koleksi aksesoris di galerinya tersebut.

Ia menuturkan, kalau untuk bahan kawat tembaga itu didatangkan dari Jakarta dan ada pula yang impor.

Harga kawat tembaga itu yang lokal Rp400 ribu per kilogram, sedangkan impor harganya lebih mahal bisa dua kali lipat bahkan lebih yakni Rp1,4 juta per kilogram, jelasnya.

Source http://www.ampera.co http://www.ampera.co/baca/ummi-hasilkan-puluhan-juta-dari-aksesoris-kawat-tembaga-/
Comments
Loading...