Kerajinan Aksesoris Limbah Kulit Durian Di Surabaya

0 176

Kerajinan Aksesoris Limbah Kulit Durian Di Surabaya

Banyak limbah yang dimanfaatkan menjadi barang berharga. Salah satunya, kreasi kulit durian ala Shella Christy Widodo. Mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) jurusan desain manajemen produk itu mengubah kulit buah berduri tersebut menjadi aksesori seperti kalung, gelang, anting-anting, dan cincin.
Untuk membuat karya tugas akhir itu, perempuan kelahiran 24 Desember 1990 tersebut membutuhkan waktu selama satu semester. Hari ini tugas akhir itu akan diujikan.
Shella menceritakan, keputusannya memilih tema tugas akhir tersebut berawal dari ketidaksengajaan. Sekitar enam bulan lalu, saat melakukan perjalanan ke Trawas, dia melihat banyak kulit durian yang dibuang begitu saja di tempat sampah. Hal serupa terlihat tak jauh dari kediamannya di Sidoarjo.
”Sebenarnya, saya hobi makan durian dan sering melihat kulitnya keleleran. Tapi, saya baru tergerak untuk membuat karya dari limbah itu sekitar enam bulan lalu,” ungkapnya.
Kebetulan, dia juga penyuka fashion. Jadilah ide kombinasi antara limbah kulit durian dan aksesori fashion. Eksperimen pun dia lakukan untuk menghasilkan karya yang terbaik.
Bungsu di antara dua bersaudara itu berniat mengomersialkan hasil karyanya. Tetapi, dia masih menunggu komentar para dosen terhadap karya tersebut. Sebab, hingga saat ini baru dosen pembimbingnya yang bernama Maharani Dian Permanasari yang paham detail karya itu. Dia mengaku masih butuh masukan dari lebih banyak dosen dan pakar industri kreatif.
Source http://ubaya.ac.id http://ubaya.ac.id/ubaya/news_detail/1105/Sulap-Kulit-Durian-Jadi-Aksesori.html
Comments
Loading...