Kerajinan Aksesoris ‘Menik Kliwul Craft’ Di Surabaya

0 135

Kerajinan Aksesoris ‘Menik Kliwul Craft’ Di Surabaya

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Itulah pepatah yang pas untuk menggambarkan Retty Kristianingrum. Keseharian wanita 41 tahun ini tak pernah lepas dari produk kerajinan.

Terlahir dari keluarga berjiwa seni, Retty mewarisi keahlian sang ibu yang menekuni kerajinan tangan. Menik Kliwul Craft, itulah nama rumah kerajinan yang ia rintis. Di tangan Retty, limbah atau bahan sederhana dapat dibentuk menjadi produk kerajinan tangan bernilai seni, dan tentu saja menghasilkan.

“Saya fokus membuat produk kerajinan tangan berupa home decor dan asesoris,” ujarnya. Di kediamannya, Jalan Tanah Merah IV No.6, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, terpajang berbagai produk kreatif yang mengundang mata untuk berlama-lama melihat.

Produk home decor yang tercipta dari tangan kreatifnya berupa botol hias, telenan hias, toples hias, juga gelas hias. Sedang produk asesoris berupa gelang, kalung, gantungan kunci, dan lain-lain.

Produk kerajinan tangan buatan Retty telah dipasarkan di rumah galeri setingkat Mirota serta Centra UKM Surabaya (Gedung Siola). Tak ketinggalan pula tampil di berbagai pameran kerajinan. “Sejak sepuluh tahun lalu saya serius mendalami kerajinan tangan sekaligus pemasarannya. Saya juga menerima pesanan,” terang Retty.

Harga produk kerajinan tangan bervariasi. Untuk asesoris, Retty mematok besaran harga mulai Rp 35 ribu sampai Rp 250 ribu. Sementara untuk produk home decor, harga dikisaran Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu.

Produk home decor yang diperlihatkan saat itu adalah empat botol hias serta asesoris kalung. Masing-masing botol hias tampil dengan sentuhan warna, balutan serta pemanis masing-masing. Terlihat cantik dan sangat cocok dipajang sebagai pelengkap dekorasi rumah.

Asesoris yang digunakan sebagai penambah nilai seni serta nilai jual yang terlihat menutupi botol adalah daun agel, kerang, limbah bawang putih, serta benang nilon yang dibentuk seperti bulu merak. “Masih banyak barang bekas atau limbah disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap produk kerajinan tangan,” ungkapnya.

Retty tak keberatan untuk berbagi ilmu kerajinan tangan dengan siapapun. Selain memproduksi di rumah, dirinya mengaku siap jika dipercaya untuk menularkan ilmu dan keahliannya dalam sebuah kursus atau pelatihan kreatif.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/10/05/produk-kreatif-menik-kliwul-craft-tembus-mirota/
Comments
Loading...