Kerajinan Aksesoris Nuansa Etnik Di Yogyakarta

0 143

Kerajinan Aksesoris Nuansa Etnik Di Yogyakarta

Produk/kerajinan buatan Sekar Ikanandanti H dari Yogyakarta ini dapat menjadi pilihan anda. Sekar Makirtya Gallery milik Ika memproduksi berbagai jenis kerajinan seperti kalung, gelang, cincin, aksesoris untuk bahan jewellery seperti charm, kait kalung/gelang, rings dan choker frame.

Kisah perjalanan usahanya dimulai ketika Ika mulai merasa jenuh bekerja. Ika yang sejak jaman sekolah memiliki hobi di bidang craft ini pada tahun 2011 mulai mencoba berkreasi membuat produk kerajinan dengan brand Motemanika (untuk produk beads jewellery) dan tahun 2012 dengan brand Uwerans (untuk produk upcycled copper jewellery). Sambutan dari orang terdekat dan masyarakat atas hasil karyanya sangat baik.

Pada akhir tahun 2013 Ika terkena PHK. Ika kemudian memutuskan untuk fokus membuat kerajinan di bidang handmade jewellery. Ika memulai usaha dengan alat dan bahan baku yang Ika kumpulkan sebelumnya saat Ika masih bekerja. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2017 Ika mulai berkreasi dengan brand Azzesorikka (untuk produk handmade findings).

“Saya gemar mengoleksi aksesoris sejak jaman sekolah dan handmade jewellery menjadi cara saya untuk mengekspresikan ide-ide yang terpendam sejak dulu yaitu membuat jewellery yang tidak pasaran dan berciri khas” ungkapnya pada UKM Zone.

Ika memasarkan produknya mulai dari sosial media melalui Facebook, Instagram, kemudian merambah ke marketplace. Ika juga bekerja sama dengan salah satu butik di Jogja dan mulai tahun 2018 Ika mencoba bekerja sama dengan salah satu mall di Surabaya dengan sistem konsinyasi.

Ika yang masih mengerjakan project freelance di bidang desain grafis ini mengungkapkan mayoritas kreasinya dibuat spontan dan terbatas jumlahnya terutama untuk merek Uwerans yang menjadi signaturenya. Desain yang dibuat mengikuti wabi-sabi style, tampak kasar namun tetap mengikuti kaidah aman dan nyaman dipakai.

Ika bergabung dengan Asosiasi Pengrajin Perhiasan Yogyakarta (APPY) yang anggotanya terdiri dari para pembuat perhiasan handmade dari berbagai daerah di Yogyakarta dengan aneka macam teknik pembuatan dan desain.

Ke depan Ika ingin mendalami penjualan online melalui website, mengembangkan pemasaran ke luar negeri (world wide shipping) dan melakukan strategi branding yang lebih terarah. Ika pun membuka kesempatan bagi yang ingin menjadi reseller dengan sistem konsinyasi.

Bagi yang ingin belajar/mendalami tehnik kerajinan/craft jewellery, Ika pun membuka kelas kursus yang diselenggarakan di bengkelnya dengan perjanjian terlebih dahulu.

Bagaimana, bagus sekali bukan produk handmade dari Sekar Makirtya Gallery ini? Produk Sekar Makirtya tersedia di Toko Barang Bareng Jl. Suryodiningratan Yogyakarta dan di District 27, Lenmarc Mall lt.UG Surabaya.

Source https://www.ukmzone.com https://www.ukmzone.com/2018/03/kerajinan-jewellery-aksesoris-homemade-etnik-unik-sekar-makirtya.html
Comments
Loading...