Kerajinan Aksesoris Pernikahan Di Yogyakarta

0 223

Kerajinan Aksesoris Pernikahan Di Yogyakarta

Lapak-lapak penjual baju adat dan aksesori pernikahan di Pasar Beringharjo akan ramai pembeli bila tiba perayaaan perayaan hari besar nasional seperti hari Kartini, hari Pahlawan dan hari Kemerdekaan. Pun demikian pada musim hajatan pernikahan dan tutup akhir sekolah.

Hampir semua kebutuhan kostum tradisional atau pakaian adat dengan beragam aksesorinya bisa didapatkan di puluhan kios Pasar Beringharjo di lantai dasar Blok selatan dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satunya di lapak milik Endang Budi Sri Sumami. Sudah 25 tahun Endang berjualan aksesori pernikahan dan pakaian adat.

Aksesori yang dijual mulai dari aksesori kostum tradisional untuk pertunjukkan ketoprak dan seni tradisional hingga baju pengantin.

Harganya mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah. Ditemui di lapaknya, pengelola Toko Endang menuturkan, selama ini barang dagangan yang dijual berasal dari industri rumahan dari para perajin yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Hanya saja, beberapa jenis aksesori untuk perlengkapan kostum adat jawa dan ketoprak dengan pakem aslinya dan dikerjakan secara manual sudah susah didapatkan.

Berkurangnya perajin yang dulu melimpah menjadi faktor utamanya.

“Mungkin regenerasi perajin sudah susah. Sekarang banyak yang sudah inovasi, misalnya yang dulu aksesori leher dibuat dari bahan beludru dan dipayet, sekarang hanya ditempel atau dibordir,” ungkap Endang.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2016/11/09/minim-perajin-aksesori-baju-adat-susah-didapat
Comments
Loading...