Kerajinan Aksesoris Tanah Liat Di Jakarta

0 133

Kerajinan Aksesoris Tanah Liat Di Jakarta

Permintaan aksesori dan pernak-pernik dari keramik tanah liat semakin meningkat. Walau pasarnya masih terbatas di kota-kota besar, banyak perajin optimistis bisnis ini akan semakin berkembang. Mudahnya promosi lewat internet menjadi salah satu faktor pendorong maraknya bisnis aksesori dari tanah liat.

Tanah liat bisa menjadi aneka kerajinan dan aksesori yang mampu menarik konsumen. Tengok saja pengalaman Antin Sambodo yang memulai membuat aksesori dari keramik tanah liat sejak tahun 2000.

Jika dulu, ia membuat aksesori sendiri, saat ini, ia sudah memiliki tiga pegawai di bidang produksi dan dua orang sebagai tenaga penjual. “Permintaan terus naik, ” ujarnya. Bahkan, saat ini, dia juga sudah memiliki empat gerai di Jakarta dan Tangerang bernama Jinjit Pottery.


Gerai-gerai itu menjual berbagai macam aksesori seperti hiasan dinding, meja ular tangga, mug, kalung, gelang, cincin, anting, dan magnet. Produk kerajinan itu dijual mulai Rp 10.000 hingga Rp 900.000 per item.

Dari bisnis ini, Antin mengumpulkan omzet Rp 15 juta per bulan dengan konsumen di Jabodetabek dan Bandung. Untuk memperluas pasar, Antin juga pernah membawa produknya ke Sumatera. “Cuma responnya kurang bagus,” katanya. Sebagai kebutuhan sekunder, aksesori lebih banyak diminati di kota-kota besar Jakarta dan Bandung. Produk yang paling banyak dicari adalah kalung dan gelang.

Ia yakin, bisnisnya akan terus berkembang karena tren aksesori keramik semakin meningkat. Jika pada awal usaha omzetnya turun naik, saat ini, jauh lebih stabil. Mudahnya promosi via internet membuat bisnis semakin lancar. “Memang saya belum menjual online, namun untuk informasi udah ada blog,” ujarnya.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-aksesori-tanah-liat-makin-menggeliat-saja-1
Comments
Loading...