Kerajinan Akuarium Dinding Di Malang

0 552

Kerajinan Akuarium Dinding Di Malang

Lukas Joyo Santoso dengan akurium dinding buatannya di toko ikan Aqua Zone miliknya yang juga menjadi workshop pembuatan akuarium dinding di Jl A Yani, Blimbing Kota Malang. Akuarium dinding atau hanging fish tank menawarkan sebuah pilihan baru bagi pencinta ikan. Berbeda dengan akuarium konvensional, kotak atau yang berbentuk mangkok, akuarium dinding menawarkan sensasi baru dari segi estetika, karena terpasang seolah-olah menempel di dinding layaknya sebuah pigura lukisan.

Selain itu, akuarium dinding yang umumnya tipis dan tidak menyita banyak tempat juga bagus digunakan sebagai partisi atau pembatas antar ruangan. Alhasil, ruangan pun terasa berbeda dan bisa terlihat lebih indah dengan adanya ikan dan taman air. Akuarium jenis ini sebenarnya sudah mulai dikenal dan booming di kalangan pecinta atau hobbies ikan pada awal 2009. Namun, tidak banyak pencinta ikan yang dapat memiliki akuarium jenis ini karena minimnya produsen lokal yang bisa membuatnya. Kalaupun ada biasanya sangat mahal.

Layaknya produk baru, akuarium dinding yang coba dipasarkan oleh Lukas awalnya tak terlalu diminati. Warga Malang sepertinya masih belum terbiasa dengan akuarium pipih yang tidak terlalu banyak menampung ikan. Namun, seiring berjalannya waktu, penggemar akuarium dinding ini pun terus bertambah. Saat ini, setiap bulannya, Lukas dibantu dengan dua karyawan menyelesaikan lima hingga hingga tujuh akuarium dinding berbagai ukuran atau sesuai pesanan pelanggan. “Dulu hanya segelintir yang memesan, hanya perkantoran yang ada ruang tunggunya, seperti bank atau ruang tunggu dokter. Sekarang sudah banyak rumah-rumah pribadi yang memesan akuarium dinding,” kata Lukas bangga.

Margin keuntungan yang didapat Lukas pun menebal. Bahkan melebihi keuntungan dari bisnis menjual ikan hias yang sebenarnya menjadi bisnis utamanya. Maklum, produsen untuk akuarium jenis ini masih sangat minim sementara pasar cukup lebar. Bahkan, untuk kawasan Malang Raya, mungkin hanya Lukas yang baru serius menjalankan usaha ini. Untuk pembuatan akuarium dinding ukuran 70×50 cm dengan tebal 20 cm, Lukas mematok harga Rp 1.350.000. Sekilas terlihat mahal, namun sebenarnya ini tidak, karena harga tersebut, sudah termasuk seluruh perlengkapan akuarium, seperti lampu dan filter, pigura impor penyamar kaca dan pernak-pernik lainnya. Harga tersebut juga pemasangan di tempat pelanggan. “Pokoknya pelanggan tinggal terima jadi, dan dijamin pemasangan sangat baik, tidak ada kabel atau perlengkapan lain yang terlihat sehingga tampak seperti pigura yang terpasang di dinding,” ucapnya.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2011/04/25/menghias-dinding-mendatangkan-margin
Comments
Loading...