Kerajinan Alat Dapur Di Glanggang

0 151

Kerajinan Alat Dapur Di Glanggang

Gudang produksi milik Rudianto, tampak sibuk. Tiga orang karyawannya, tampak asyik dengan pekerjaan mereka masing-masing. Ada yang kebagian memotong kayu. Ada pula yang kebagian merapikannya.

Kayu-kayu itu, kemudian diolah untuk berbagai kerajinan yang berdaya guna. Mulai dari telenan, centong dan beberapa kerajinan lainnya. “Kerajinan ini, sudah kami lakoni beberapa tahun terakhir,” kata Rudianto warga Glanggang, Kecamatan Beji.

Rudianto menyampaikan, beragam kerajinan tersebut diproduksi dengan bahan baku limbah. Dibantu tiga karyawannya, ribuan kerajinan dari kayu mampu dikreasikan.

Barang-barang itu, kemudian dijual dengan harga yang bervariasi. Ada yang Rp 5 ribu, puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tergantung barang yang diperdagangkan.

Ia menjelaskan, produk kreasinya itu dipasarkan ke toko-toko alat dapur di wilayah Bangil dan Beji. “Dalam seminggu, kami bisa memproduksi lebih dari seribu alat-alat dapur,” bebernya.

Kerajinan itu pun jelas membawa keuntungan. Selain memanfaatkan limbah, pihaknya juga bisa memberdayakan masyarakat untuk direkrut menjadi tenaga kerja. Saat ini, sudah ada tiga karyawan yang dimilikinya.


Lurah Glanggang, Kecamatan Beji, Moch. Choliq menyampaikan, kerajinan perabotan dapur dari kayu memang menjadi salah satu unggulan di wilayahnya. Apalagi, bahan dasar yang digunakan merupakan limbah kayu. “Ini merupakan bentuk kerajinan ekonomi kreatif. Karena, bahan baku yang digunakan berasal dari limbah,” sambungnya.

Ia menambahkan, kerajinan tersebut dilakoni oleh sejumlah warga. Karena itu, pihaknya berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah. Supaya, industri kecil pengolahan kayu di wilayahnya bisa lebih berkembang.

Dengan begitu, tentu akan berdampak besar terhadap warganya. Industri mereka akan lebih terangkat. Dan yang lebih penting, bisa mendorong penyerapan tenaga kerja.

“Beberapa orang bisa terserap menjadi tenaga kerja. Sehingga, mengurangi angka pengangguran. Untuk itu, support Pemkab sangat diperlukan, supaya usaha kerajinan kayu ini bisa lebih berkembang,” tandas dia.

Bentuk, dukungan yang bisa diberikan, beragam. Mulai dari peningkatan SDM untuk peningkatan pemasaran. Serta support peralatan.
Source https://radarbromo.jawapos.com https://radarbromo.jawapos.com/read/2017/12/07/31960/ke-sentra-pembuatan-alat-dapur-glanggang-olah-limbah-jadi-kerajinan
Comments
Loading...