Kerajinan Alat Dapur Di Kampung Sayangan

0 324

Kerajinan Alat Dapur Di Kampung Sayangan

Kerajinan Alat Dapur Di Kampung Sayangan dikenal hingga luar Jawa. Ini salah satu berkat kegigihan dari M Kusnadi, pengrajin yang juga warga kampung ini. Produknya dikenal sampai Nusa Tenggara Timur dan Bali.

Kampung Sayangan terletak di Desa Kesambi, Kecamatan Porong, Atau berjarak 9 km dari Alun-alun Sidoarjo. Di kampung tersebut terdapat Gudang dan Home industry yang memproduksi alat-alat dapur seperti wajan, dandang, dan sebagainya.

Kusnadi sendiri menjadikan belakang rumah sebagai rumah produksi. Dengan memekerjakan 15 pegawai dengan gaji Rp 50 ribu per orang per hari.

Dirinya mengaku jika pesanannya ramai bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 1 juta per tiap kali setor. Sehingga usahanya saat ini bisa mencapai luar daerah seperti Banyuwangi, Probolinggo, Flores, Bali, dan Sumbawa.

Harga alat dapur Sayangan sangat terjangkau . Dandang sabluk ukuran 1 kg hanya Rp 15 ribu dengan kualitas bagus. “Paling mahal, dengan ukuran maksimal, harganya Rp 100 ribu,” kata Kusnadi. “Jadi, sebenarnya produk Sayangan kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Malah yang dari luar negeri biasanya dicampuri bahan kimia,” tambah dia.

“Alhamdulillah, sekarang bisa dapat untung banyak soalnya di usaha saya ini, pegawai saya target,” ujarnya.

Dirinya mengatakan dalam merekrut pegawai tidak butuh ijazah atau apapun. Hanya meyetorkan data diri dan siap bekerja dengan target yang telah ditentukan.

“Soalnya kalau pas pesanan rame kayak dulu hingga mencapai dua truk kan butuh tenaga yang banyak, jadi saya mudahkan saja kerja di sini, asal kuat fisiknya. Kan kerja keras,” lanjut dia.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/26859/alat-dapur-produksi-kampung-sayangan-sidoarjo-tenar-hingga-luar-pulau
Comments
Loading...