Kerajinan Alat Musik Biola Di Solo

0 302

Kerajinan Alat Musik Biola Di Solo

Biola mulai banyak penggemar. Perajin alat musik gesek ini pun menuai berkahnya. Ada perajin yang bisa mengerjakan lebih dari 20 biola setiap bulannya. Pesanan biola-biola yang seluruhnya buatan tangan ini biasanya datang dari sekolah-sekolah musik. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kalau anda menginginkan biola dengan harga lebih miring, tak ada salahnya melirik produksi Widianto. Pemilik Gali Kreativitas Grup dari Solo, Jawa Tengah, ini memang membuat biola dengan harga terjangkau. Widianto bilang, kualitas biolanya memang tak bisa disamakan dengan biola buatan seniman yang menggunakan hati dan rasa dalam proses pembuatannya.

Saat ini, ia memperkerjakan delapan orang perajin biola. Mereka terbagi dalam dua tim perajin. Pengerjaan biola membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Namun, yang perlu dicatat, waktu pengerjaan satu biola maupun sepuluh biola sama saja.

Biola buatannya terbuat dari kayu pinus, mahoni, dan jati. Tapi, yang lebih banyak digunakan adalah kayu pinus. Selain karena kuat dan suaranya lebih baik, harganya juga lebih murah ketimbang kayu mahoni. Selain itu, pinus tidak mudah dimakan rayap lantaran mengeluarkan sejenis minyak. Sedangkan biola kayu jati, biasanya, hanya dibuat kalau ada pesanan.


Widianto mewarnai biola produksinya dengan cat kayu yang kemudian dilapis melanin. Namun, penyelesaian akhir biola ini sesuai dengan keinginan konsumen. “Kadang ada konsumen yang ingin biolanya digambar tokoh kartun seperti Doraemon,” ungkapnya.

Paling murah, Widianto membanderol biolanya dengan harga Rp 350.000. Sementara, harga biola termahal sebesar Rp 800.000. Bila Anda ingin tambahan, semisal senar ekor kuda, cukup menambah biaya sebesar Rp 50.000.

Widianto mengakui, lantaran memakai perajin tradisional, ketepatan waktu pengerjaan menjadi salah satu kendala produksi. Karena itu, dua minggu ini, ia akan menyempurnakan proses produksi. Selama ini, ia mengaku kewalahan memenuhi pesanan anak-anak sekolah musik yang bisa mencapai 20 buah sebulan.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengesek-laba-dari-usaha-biola-buatan-tangan-1
Comments
Loading...