Kerajinan Alat Musik Dari Genteng Di Cirebon

0 181

Kerajinan Alat Musik Genteng

Kota Cirebon, Jawa Barat selain dikenal dengan sentra kerajinannya, di cirebon juga terdapat kerajinan yang menggunakan bahan dasar genteng, genteng umumnya digunakan untuk bahan bangunan rumah namun ditangan Komunitas Jatiwangi Art Factory yang didirikan oleh Gingie Syarif Hasyim, Genteng ini di dapat digunakan sebagai alat musik, dan menjadi kreatifitas yang mumpuni bagi masyarakat Cirebon untuk mendongkrak Agrowisata di kota Cirebon.

Untuk pemilihan genteng yang akan dijadikan alat musik pun dilakukan secara selektif. Ketebalan dan ketipisan genteng sangat berpengaruh pada nada yang dikeluarkan. Sama seperti membuat genteng atau keramik, tanah liat yang digunakan haruslah yang berkualitas bagus.

Dengan kreatifitas masyarakat majalengka yang telah memanfaatkan potensi genteng di Jatiwangi yang merupakan sentra industri genteng di Jawabarat. Dan mereka membuat genteng mampu menghasilkan bunyi-bunyi yang merdu “kita memanfaatkan potensi yang ada di jatiwangi yang merupakan sentra genteng untuk membangun kreatifitas masyarakat sekitar terutama kalangan remaja sehingga bisa diharapkan lebih kreatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar namun tidak mengeksploitasi alam di sekitar kita” ungkap Gingie.

Dari sentra kerajinan alat musik yang terbuat dari genteng ini kerap dikunjungi oleh seniman musik dan keramik asal Amerika, Singapura dan Indonesia. “Mereka tinggal bersama dengan warga dan berkolaborasi membuat karya seni musik keramik, alat dan lagu. Dan tidak menutup kemungkinan kerajinan masyarakat Jatiwangi akan di tiru oleh negara luar.

Source Kerajinan Alat Musik Dari Genteng Di Cirebon Kerajinan Alat Musik Dari Genteng Di Cirebon
Comments
Loading...