Kerajinan Alat Musik Dol Di Bengkulu

0 148

Kerajinan Alat Musik Dol Di Bengkulu

Perayaaan Festival Tabut yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya digelar, akan menjadi rezeki tahunan bagi para pengrajin alat musik dol di Kota Bengkulu.

Seperti diketahui, alat musik Dol merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bonggol kelapa yang berusia 20 sampai 40 tahunan kemudian di bentuk seperti beduk yang di rongganya di lapisi kulit sapi yang dikeringkan dan merupakan alat musik tradisional berasal dari Provinsi Bengkulu.

Salah satu pengrajin alat musik dol, Zul Salam yang juga warga Kelurahan Pondok Besi Kecamatan Teluk Segara mengungkapkan, rezeki tahunan ini terjadi lantaran adanya festival tabut dan menjadi keberkahan baginya secara tersendiri.


“Setiap menjalang Festival Tabut ini, kami selalu banyak pesanan pembuatan alat musik dol, biasanya 5 set atau 7 set kami buat per bulannya harganya kita bandrol 1.000.000 sampai 2.500.000. Menjelang tabut ini kami banyak pesanan baik itu Dol dalam bentuk alat musik dimainkan maupun Cindramata,” ungkapnya.

Zul menambahkan, bahwa musik dol ini memang memiliki keunikan tersendiri baik secara desain ataupun bunyi yang dihasilkan, serta ia juga mengatakan bahwa pemerintah harus berperan besar dalam membudidayakan musik dol ini dan menjadi daya tarik turis untuk berkunjung ke Bengkulu.
“Ya semoga tahun ini Festival Tabut memiliki nuansa yang baru sehingga banyak turis atau pengunjung yang berdatangan ke Bengkulu sehingga ramai dan menjadi lebih meriah dari sebelumnya,” ujarnya

Source http://butinaranews.com/2018/09/03/pengrajin-alat-musik-dol-mulai-banjir-rezeki/ http://butinaranews.com/2018/09/03/pengrajin-alat-musik-dol-mulai-banjir-rezeki/
Comments
Loading...