Kerajinan Alat Musik Drumband Di Pasuruan

0 69

Kerajinan Alat Musik Drumband Di Pasuruan

Ketekunan pasti berbuah kesuksesan. Begitu yang dirasakan Abd Rohim, seorang pengrajin alat musik drumband asal Jalan Ir Juanda 6, Pasuruan. Memulai bisnis dengan modal Rp 20 juta, ayah 5 anak ini bisa meraup omzet hingga Rp 130 juta setiap bulan.

“Tahun ajaran baru ini pesanan meningkat. Jika biasanya dalam 5 hari saya menyelesaikan satu set alat marching band, sekarang bisa 2 sampai 3 set per minggu. Saya bisa mempercepat pengerjaan kalau pesanan banyak,” kata Rohim di rumah sekaligus bengkel kerjanya.

Pemesan alat musik drumband, kata Rohim, sebagian besar sekolah-sekolah yang memiliki ekstrakurikuler marching band. Rohim bisa memproduksi seperangkat peralatan marching band untuk tingkat TK, SD, SMP dan SMA. “Selain itu banyak juga yang membeli satuan, misal hanya snare drum, bass drum atau simbal. Tetap saya layani,” terangnya.

Satu set peralatan marching band terdiri dari 6 marching, 6 snaredrum, 1 keyboard, 1 simbal, 1 duo tom, 3 bass drum, 2 tongkat mayoret dan 12 bendera. “Harga satu set antara Rp7.999.000 hingga Rp11.480.000. Tergantung untuk ukuran TK, SD, SMP atau SMA,” jelas Rohim.

Harga tersebut, lanjut Rohim, relatif murah jika dibandingkan dengan rumitnya pembuatan peralatan. Ia mengaku tak mengambil banyak untung dari setiap set atau satuan alat musik yang dijualnya.

Karena itu, Rohim mengaku tak perlu susah payah mencari pemesan. Apalagi, usaha yang tekuni sejak 2002 tersebut sudah banyak dikenal.

“Awal-awal dulu memang susah cari pembeli. Namun saya tak pernah putus asa. Terus membuat alat musik sambil terus mencari pembeli. Saat ini pemesan tak pernah sepi, mulai dari Jawa, Madura, sampai Kalimantan,” terangnya.

Rohim mengaku selama berbisnis alat marching band, ia tak pernah mengalami kendala berarti. Selain pemesanan yang tak pernah sepi, bahan-bahan bakunya juga banyak tersedia.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3583412/berbekal-ketekunan-rohim-raup-ratusan-juta-bisnis-alat-musik
Comments
Loading...