Kerajinan Alat Musik Gambus Di Pekanbaru

0 166

Kerajinan Alat Musik Gambus Di Pekanbaru

Robithah Irawan tidak ke workshopnya ketika Tim Inspirasi Story dari bertuahpos.com menyambangi tempat usahanya di Jalan Inpres (Kartama), Pekanbaru.

Pintu ruko bangunan itu hanya terbuka sedikit. “Kalau pagi memang biasa sepi, karena temen-temen biasa datang nongkrong sore,” katanya.

Robithah, atau Robi, begitu biasa dia disapa, adalah seorang kepala keluarga berusia 29 tahun. Dia lulusan dari Jurusan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) di Universitas Islam Riau (UIR). 

“Saya di Jurusan Musiknya,” ujarnya. 

Ayah 2 anak ini, merupakan seorang pengusaha sekaligus pengrajin alat musik seperti gitar dan gambus. Handmade Robithah sangat menarik. Itu pula mengapa alat musik buatannya ini, selain dipakai di banyak pertunjukan, bahkan berhasil menyedot perhatian para kolektor alat musik hingga ke luar negeri. 

Dari penampilannya saja sudah bisa ditebak bahwa dia adalah sosok dengan jiwa seni tinggi. Berambut gondrong, kulit sawo matang, dan berkumis tipis. Dia sering berpenampilan dengan mengikat rambut panjangnya. 

Di dalam ruko ini, dijajakan puluhan gitar dan gambus. Sebagian adalah hasil karya tangannya sendiri. Alat musik ini terpajang di dinding sebelah kanan dari pintu masuk. Sedangkan di dinding sebelah kiri, terdapat beberapa lukisan berukuran besar. Salah satu dari lukisan itu adalah Tokoh Sejarawan Riau, Alm Tennas Effendy. 

“Bukan saya yang buat, kalau lukisan-lukisan ini titipan teman,” katanya. Tempat usahanya ini diberi nama Balai Musik Riau (BMR).

“Saat ini saya dibantu adik untuk memproduksi alat musik di workshop kita di Kubang Raya. Selain itu saya mengajar musik juga di salah satu sekolah masik di Pekanbaru,” sambungnya.

Dia mengatakan sejak awal memang sudah ada ketertarikan dirinya pada musik. Pashion di bidang musik muncul ketika dia duduk di bangku SMP. 

Rasa nyaman dengan dunia alat musik ini membuat Robi terjun lebih dalam lagi dengan memproduksi alat musik seperti gambus dan gitar.

Awal mula memproduksi alat musik dilakoninya sejak tahum 2013. Hingga 2015 barulah dia mahir dengan pekerjaannya itu. 

Alat musik pertama dibuat Robithah yakni gitar klasik. Dia juga tidak menyangka ternyata hasil kerjanya itu mendapat respon baik dari rekan-rekannya. 

Sejak itu berdatanganlah banyak pesanan. Beberapa teman menyarankan agar hobinya ini dikembangkan menjadi sebuah usaha. 

Source https://www.bertuahpos.com https://www.bertuahpos.com/starbiz/kisah-inspirasi-pengrajin-alat-musik-gambus-robith.html
Comments
Loading...