Kerajinan “Alat Musik Gitar” Baki

0 381

Solo Raya juga merupakan salah satu pusat produksi Kerajinan Alat Musik Gitar. Kerajinan ini berpusat di Desa mancasan Kecamatan Baki Sukoharjo 12 Km arah Selatan pusat Kota Solo atau bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dengan lalu lintas normal. Industri kerajinan gitar ini mulai berkembang sejak tahun 1975 dengan memproduksi Bass, Cello ketika musik keroncong masih berjaya, saat ini hampir semua warga di Mancasan menggantungkan kehidupannya dengan membuat gitar kemampuan ini dimiliki warga secara turun temurun.

Giatno, pria berusia 52 tahun yang salah seorang perajin gitar dari Desa Mancasan, berujar, ia memiliki keahlian membuat gitar setelah berguru pada ayahnya yang juga bekas pembuat gitar. Kebanyakan para perajin gitar di desa ini memang belajar keahlian membuat gitar secara turun-temurun atau belajar dari tetangga sekampung.

Harga gitar sendiri dipengaruhi oleh bahan kayu yang digunakan dari mulai mahoni, jati belanda, waru, sengon sesuai dengan permintaan dari pelanggan. Selain harga kualitas kayu juga menentukan kemerduan suara nada yang dihasilkan gitar. Proses produksi gitar di desa ini mirip halnya dengan proses pembuatan mobil, ada pengrajin  yang khusus membuat bahan dasar gitar atau mutihan setelah selesai menyelesaikan tugasnya akan mengirim ke rumah pengrajin lain yang khusus finishing body, ada juga pengrajin khusus yang membuat stang gitar hingga terakhir ada pengrajin yang memiliki fungsi sebagai tukang stem. Gitar produksi mancasan ini  terkenal tidak hanya di Indonesia tapi sudah menembus pasar luar negeri, sayangnya Mancasan sebagai pusat produksi gitar tidak memiliki merk khusus, menggunakan merk kosong sesuai dengan permintaan pelanggan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan gitar :
1. Kayu : Kayu yang dipakai harus memiliki kekerasan dan mempunyai sustain panjang.
2. Sekrup : Dibutuhkan untuk pembuatan perangkaian Mallding (cetakan gitar).
3. Lem kayu : Dibutuhkan sebagai penempelan rangka gitar.
Alat-alat yang digunakan untuk proses pembuatan gitar :
1. Gergaji : untuk pemotongan kayu
2. Serut : memperhalus kayu
3. Bor : membuat lubang yang di inginkan
4. Busur/ penggaris : alat pengukur
5. Cetakan mallding berupa mika plastik
6. Amplas : memperhalus kayu, setelah diserut
7. Penjepit : Sebagai penekan kayu saat tahap pengeleman
Langkah-langkah awal pembuatan gitar yaitu pembuatan Mallding dengan ukuran cetakan Mal yang terbuat dari mika plastik. Yang kedua ialah pembuatan Neck, yang terdiri dari Freet, Nut, Finger Board, dan Head (kepala gitar). Selanjutnya pembuatan body gitar yang terdiri dari Side, Back, dan Top (rangka, sound hole).
Setelah pembuatan Neck dan Body gitar selesai, sekarang saatnya pada tahap penyambungan antara Body dan Neck. Kemudian pada tahap yang terakhir adalah memperhalus semua bagian-bagian gitar dengan amplas, pengecatan dengan plitur, pemasangan Bridge, Saddel, dan Dawai.
Source Kerajinan "Alat Musik Gitar" Baki Menyusuri Kampung Gitar Baki Sukoharjo
Comments
Loading...