Kerajinan Alat Musik Karinding Di Sumedang

0 365

Kerajinan Alat Musik Karinding Di Sumedang

Di Jawa Barat sudah banyak sekali sanggar atau saung karinding. Salah satunya yaitu Sanggar Candra Awi di Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Dedi merupakan salah satu pengrajin karinding sekaligus guru di Sanggar tersebut.

Pria yang akrab disapa Mang Dedi ini menjelaskan bahwa karinding juga mempunyai filosofi yang dapat diterapkan juga pada kehidupan kita sehari-hari. “Pertama adalah sabar, saat memainkan karinding kesabaran itu sangat dibutuhkan karena irama tidak akan sesuai jika tidak ada kesabaran dalam diri yang memainkannya. Kedua adalah yakin, yakin bahwa irama itu dapat menjadi irama yang unik dan menarik. Yang ketiga adalah sadar, menyadari sisi keunikan dan kesulitan yang dapat diatasi dengan kesabaran dan keyakinan dalam memainkannya,” terang Mang Dedi.


Kemudian ketika penulis melaksanakan tugas KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) Universitas Padjadjaran Bulan Januari-Februari kemarin di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis pun ada KATCI atau Komunitas Adat Buhun Ciomas yang merupakan komunitas di bidang seni tradional termasuk karinding. Dan bahkan komunitas ini masih bersangkutan atau salah satu penyebaran dari komunitas karinding yang didirikan oleh Mang Dedi tadi, bahkan eksistensinya bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengannya.

Dengan demikian, dengan konsentrasi dan perasaan yang kuat, para penyandang tunantera sangatlah berpotensi untuk menggunakan dan memainkan alat musik karinding ini. Selain itu pun dengan musik ini kita dapat menjaga warisan leluhur bangsa serta melestarian kearifan budaya lokal.

Source http://budzargipar.blogspot.co.id http://budzargipar.blogspot.co.id/2014/05/karinding-merindingkan-hati-manusia.html
Comments
Loading...