Kerajinan Alat Musik Kayu Di Cilacap

0 218

Kerajinan Alat Musik Kayu Di Cilacap

“Alhamdulillah, sejak tahun 2000, usaha kami mulai bangkit setelah mengalami keterpurukan akibat krisis moneter yang terjadi pada 1996. Kami sekarang mengalihkan usaha ke pembuatan alat musik,” kata salah seorang perajin, Sukim, di Desa Boja, Kecamatan Majenang, Cilacap.

Menurut dia, perkembangan musik religi islami maupun musik beraliran regge dan ska turut mendukung kebangkitan kerajinan kayu di Desa Boja. Ia mengatakan bahwa perajin kayu tidak lagi mengandalkan produk perabotan rumah tangga, tetapi beralih pada pembuatan alat musik seperti rebana dan jimbe.

Saat itu, kata dia, perabotan rumah tangga buatan Boja tidak hanya dipasarkan di Jawa, tetapi juga Sumatra. Akan tetapi saat terjadi krisis moneter di tahun 1996, lanjut dia, sebagian besar perajin kayu “gulung tikar” karena jumlah pesanan dari konsumen mengalami penurunan drastis, sehingga terpaksa bekerja sebagai kuli bangunan di kota-kota besar.

“Ada juga perajin yang tetap bertahan meskipun jumlah pesanan tidak menentu. Kadang dalam satu bulan hanya ada pesanan lemari dan ranjang dari tetangga, sehingga kami terpaksa kerja serabutan untuk menutupi kebutuhan rumah tangga,” katanya. Lebih lanjut, Sukim mengatakan bahwa alat musik yang diproduksinya semakin dikenal, sehingga pesanan terus berdatangan.

Source https://jateng.antaranews.com https://jateng.antaranews.com/detail/perajin-kayu-beralih-ke-pembuatan-alat-musik.html
Comments
Loading...