Kerajinan Alat Musik Panting Di Banjar Baru

0 141

Kerajinan Alat Musik Panting Di Banjar Baru

Siapa warga Banua yang tak kenal dengan musik panting. Bahkan kini musik khas Banjar ini sudah mulai dimasukkan dalam pelajaran muatan lokal di sekolah.

Seni musik panting ini terus dilestarikan pemerintah dan masyarakat. Kini di tempat pariwisata juga disuguhkan hiburan musik panting. Namun bagaimana musik panting bisa lestari tanpa adanya pembuat alat musik petik ini.

Satu-satunya pembuat musik panting di Banjarbaru, Rumah Panting di komplek Mustika Raya Banjarbaru sudah puluhan tahun membuat panting

Melalui tangan lihainya pemilik Rumah Panting, Fauzi, memahat sedikit demi sedikit kayu nangka yang menjadi bahan pembuatan alat musik panting.

Membuat musik panting ungkap Fauzi adalah keinginannya untuk melestarikan budaya Banua. Jika bukan warga Banua sendiri yang berusaha melestarikan budaya jelas Fauzi, siapa lagi yang mau melestarikannya.

Source http://banjarmasin.tribunnews.com http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/04/28/pembuat-alat-musik-panting-ini-pasarkan-produknya-lewat-fb-kini-harganya-capai-rp-3-jutaan
Comments
Loading...