Kerajinan Alat Musik Panting Di Banjarbaru

0 105

Kerajinan Alat Musik Panting Di Banjarbaru

Siapa warga Banua yang tak kenal dengan musik panting. Bahkan, kini musik khas Banjar ini sudah mulai dimasukkan dalam pelajaran muatan lokal di sekolah. Seni musik panting ini terus dilestarikan pemerintah dan masyarakat.

Kini di tempat pariwisata juga disuguhkan hiburan musik panting. Namun, bagaimana musik panting bisa lestari tanpa adanya pembuat alat musik petik ini?

Satu-satunya pembuat musik panting di Banjarbaru, Rumah Panting di kompleks Mustika Raya Banjarbaru sudah puluhan tahun membuat alat musik panting. Dari tangan lihai Fauzi, pemilik Rumah Panting, mengolah kayu nangka menjadi alat musik khas banua tersebut.

Fauzi mengaku, membuat musik panting adalah keinginannya untuk melestarikan budaya Banua.

Dia berujar, jika bukan warga Banua sendiri yang berusaha melestarikan budaya, siapa lagi yang mau melestarikannya. Dia belajar membuat panting secara otodidak, dan dia pun mulai memasarkan panting miliknya melalui sosial media, Facebook.

“Awalnya cuma Rp 200 ribu, sampai sekarang sudah mahir dari harga Rp 800 ribu sampai 3 jutaan,” ujarnya

Source http://banjarmasin.tribunnews.com http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/04/30/pengrajin-alat-musik-panting-ini-hanya-membuat-berdasarkan-pesanan-ukirannya-pun-berbeda
Comments
Loading...