Kerajinan Alat Musik Suling Di Gunungkidul

0 374

Kerajinan Alat Musik Suling Di Gunungkidul

Perajin suling bambu di Dusun Mandesan, Kecamatan Semin mengeluh kesulitan bahan baku untuk produksi. Bahan baku suling yakni bambu uluh harus didatangkan dari luar daerah seperti Wonogiri dan Pacitan.

Salah satu perajin bambu di Dusun Mandesan, Purwanto,  mengatakan bambu uluh sebenarnya bisa diperoleh dari rumpun lokal. Tapi untuk produksi yang mencapai ribuan suling per bulannya harus mendatangkan dari luar. Tentu saja dengan mengeluarkan tambahan biaya pengiriman yang berimbas pada biaya produksi.

Pihaknya berharap di Gunungkidul, khususnya Kecamatan Semin, mengembangkan lebih banyak tanaman bambu uluh agar biaya produksi bisa ditekan. “Bahan baku di sini [Gunungkidul] tidak mencukupi, jadi harus mengirim dari Pacitan, Jatibarang, Purwokerto dan Semarang,” katanya.

Bahan baku yang dibutuhkan perajin rata-rata adalah satu truk dalam satu bulan untuk membuat kurang lebih 3.000 suling bambu. Penjualan diakuinya sudah merambah pasar International, antara lain Australia dan Korea. Namun pihaknya tidak bisa mengirimkan langsung karena harus melalui perusahaan penyalur di Bantul.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gunungkidul, Aziz Saleh, yang sebelumnya menjabat Camat Semin mengatakan uji coba budidaya bambu uluh untuk bahan baku suling sudah diupayakan. Tapi belum bisa melayani pasokan kepada perajin suling di Semin.

Di Gunungkidul memang tidak ada bibit, sehingga harus didatangkan dari Jawa Timur dan Wonogiri kemudian dicoba di beberapa kelompok masyarakat. Dari beberapa kelompok di Semin, ada sekitar 100 orang yang mencoba menanam masing-masing dua dapur (rumpun) bambu uluh per kepala keluarga.

Masing-masing dapur berisi kurang lebih 25 batang bambu yang cocok di pekarangan rumah atau di lereng bukit. Diharapkan jika produksinya lebih banyak bisa dimanfaatkan perajin untuk membuat kerajinan bambu seperti suling, sempritan, klunthung dan lain-lainnya.

Source http://www.harianjogja.com http://www.harianjogja.com/baca/2010/10/22/perajin-suling-di-semin-kesulitan-bahan-baku-142714
Comments
Loading...