Kerajinan Alat Musik Talempong Di Minangkabau

0 90

Kerajinan Alat Musik Talempong Di Minangkabau

Alat musik Talempong merupakan alat musik tradisional Minangkabau yang berbentuk bundar, pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol sebagai tempat tangga nada.

Talempong berbentuk lingkaran dengan diameter pada umumnya berukuran 15 sampai 17,5 cm pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5 cm sebagai tempat untuk dipukul.

Talempong memiliki nada yang berbeda-beda, bunyinya dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya yang menonjol dan biasa digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring, Tari Pasambahan, dan Tari Gelombang serta digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu.

Salah seorang pengrajin alat musik tradisional Talempong asal Kabupaten Agam, tepatnya di Dusun Kampuang Dalam, Jorong Tangah Koto, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu tempat produksi alat musik tradisional Talempong.

Mabrur (42), pengrajin alat musik Talempong mengatakan bahwa produksi alat musik Talempong yang ia kelola merupakan usaha turun temurun keluarganya yang kini ia lanjutkan bersama dua orang pekerjanya.

“Ini merupakan usaha keluarga yang sudah turun temurun, saya sendiri mulai menjalankan usaha ini sejak tahun 2012 yang lalu, dan merupakan generasi keempat,” sebut Mabrur

Mabrur pun menjelaskan proses pembuatan sebuah Talempong dimana untuk pembuatan talempong dibuat dengan menggunakan bahan dari logam  kuningan yang dileburkan dan dimasukkan ke dalam cetakan yang disebut dengan cetak lilin.

“Proses pembuatan alat musik Talempong ini diawali dengan menyiapkan tuangan atau cetakan dari lilin lebah dan lilin putih, ditambah lilin sumbu untuk mengeraskan, sehingga cetakan awalnya terbentuk, kemudian diukir sesuai dengan motif yang diinginkan,” jelasnya.

Source https://covesia.com https://covesia.com/news/baca/68900/produksi-alat-musik-talempong-di-sungai-puar-agam-tembus-pasar-internasional
Comments
Loading...