Kerajinan Alat Musik Tradisional Di Aceh

0 33

Kerajinan Alat Musik Tradisional Di Aceh

Bukan hanya seratus atau dua ratus, pengrajin ini telah membuat beragam alat musik tradisional Aceh. Melainkan, sudah jutaan. Keahliannya memproduksi alat musik tersebut diwariskan dari keluarga berlatar belakang seniman. 

Fajar Sidiq, warga Desa Kayee Lheue, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, telah melahirkan berjuta alat musik tradisional untuk masyarakat Aceh. Bahkan, alat musik yang diprakarsainya sudah melalang buana hingga ke luar negeri.

Fajar mampu memproduksi alat-alat musik seperti, Bangsi Alas, Serune Kalee, Rapai, Geundrang, Bansi, Seruling, Biola dan Rebana. Ia buat saban hari untuk  dipasarkan secara luas ke pelosok dunia.

“Saya mulai belajar buat alat musik dan kenal notnya sejak sekolah dasar,” kata Fajar yang kini sudah beranjak berusia 45 tahun. 

Sejak itulah ia terus belajar tentang seniman pada kedua orang tuanya hingga sekarang. Ayahnya bernama Jainun, seorang Tabib dan Seniman, Syeh Seudati dan Rapai. Begitu juga dengan ibunya, Nur Asri, seorang pelatih tari di tingkat desa.

“Singkat cerita belajar karena suka memainkan dan membuat alat musik, kebetulan bisa belajar langsung dengan seniman di kampung,” ujar pria lulusan sekolah menengah tersebut.

Fajar Siddiq telah memutuskan akan mengabdikan hidupnya untuk masyarakat yang menjadi hasratnya selama ini. 

Namun sungguh disayangkan, kemampuannya sebagai pemusik dan pelestari alat musik tradisional Aceh minim perhatian dari pemerintah, khususnya Pemerintah Aceh. 

“Beginilah kondisinya, alat musik saya tersimpan di lantai,” ujar Fajar sambil menunjukan ruangan rumahnya yang hanya berukuran 8×6 meter. 

Dia mengharapkan, agar kiranya pemerintah daerah dapat membangun sebuah pustaka seni buatnya. Harapannya itu bertujuan untuk agar kedepannya para genarasi kelak bisa menggantikan posisinya.

“Saya hanya berharap agar musik khas Aceh ini tidak hilang ketika kami tak ada lagi. Untuk itu saya mengharapkan dibangun pustaka seni, yang khusus untuk menyimpan alat musik,” pintanya

Source https://rencongpost.com/ https://rencongpost.com/fajar-sidiq-pengrajin-alat-musik-tradisional-aceh-minim-perhatian/
Comments
Loading...