Kerajinan Alat Panahan Di Kuningan

0 254

Kerajinan Alat Panahan Di Kuningan

Senjata tradisional panah yang sudah digunakan para pemburu sejak 50.000 tahun yang lalu, hingga kini masih tergolong diminati sebagai alat penunjang hobi. Bahkan, olahraga panahan ditandingkan di ajang olah raga lokal maupun nasional sampai internasional. Produksi panah, khusus daerah Kuningan sampai saat ini masih digeluti oleh para pengerajin panah.

Seperti halnya Maman, pengerajin panah asal Purwawinangun lingkungan Wage Rt 09 Rw 03 yang memiliki daya saing tinggi dalam memproduksi panahnya. Panah hasil buatannya itu berdaya saing nasional karena memiliki keunggulan dalam segi kualitas maupun akurasinya. “Panah buatannya sudah tembus hingga ke luar pulau jawa,” katanya.

Maman menjelaskan, pembuatan panah sendiri dimulai batangnya terbuat dari bambu bitung yang kokoh. Ujung pengait talinya terbuat dari tanduk kambing yang kuat, tali (string) didesain khusus untuk tali panah dan busurnya dari bambu surat yang ringan namun keras.

“Contoh dari aspek keunggulannya, diprediksikan satu busur yang jika diluncurkan ke udara dengan kekuatan penuh dapat melezit hingga lebih dari 100 meter,”sebutnya.

Diungkapkannya, ia mulai menggeluti bisnis ini sejak tahun 1965 yang merupakan bisnis turun temurun keluarga. ”Sejak keluar sekolah, saya hobbi bermain panah yang akhirnya mengkuti jejak keluarga sebagai pengerajin panah hingga sekarang ini,”paparnya.

Untuk harganya lanjut Maman, satu paket terdiri dari batang panah dan amunisinya berisi 20 busur, dihargai Rp 200 ribu. ”Untuk pembelian, dapat juga terpisah khusus untuk bususrnya 20 batang seharga 150 ribu,” tandasnya.

Source http://kuninganterkini.com http://kuninganterkini.com/index.php/ekonomi/1066-panah-buatan-maman-berkualitas-nasional.html
Comments
Loading...